Fosil Owa Paling Awal Ditemukan di Yunnan

29 September 2022, 17:22 WIB

Fosil Owa Paling Awal Ditemukan di Yunnan-Image-1
Penemuan fosil Owa

Beijing, Bolong.id - Ahli paleontologi menemukan fosil owa (binatang primata) catarrhine kecil yang berusia 7 juta hingga 8 juta tahun di Provinsi Yunnan, Tiongkok.

Dilansir dari 人民资讯, Rabu (28/09/22), itu dinamakan Yuanmoupithecus Xiaoyuan. Spesies ini merupakan owa paling awal yang diketahui.

Ada 20 spesies hylobatidae yang ada, terutama hidup di daerah tropis dan subtropis Asia. Fosil Hylobatidae sangat langka dan banyak ditemukan di gua-gua di Tiongkok selatan dan Asia Tenggara.

Pemimpin proyek Ji Xueping mengatakan bahwa lebih dari 30 tahun yang lalu, ahli paleontologi telah menemukan fosil gigi Yuanmoupithecus xiaoyuan, yang diklasifikasikan sebagai catarrhine kecil.

Ji, yang juga seorang peneliti di Kunming Institute of Zoology di bawah Chinese Academy of Sciences, kemudian menemukan fosil wajah bagian bawah sebagian dari individu remaja selama penyelidikan lapangan, dan sebelumnya menentukan bahwa spesimen tersebut milik hylobatidae setelah membandingkannya dengan tengkorak owa hidup.

"Meskipun spesimen Yuanmoupithecus xiaoyuan masih relatif langka, penemuan bahan utama telah memungkinkan kami untuk akhirnya mengkonfirmasi bahwa spesies tersebut adalah nenek moyang langsung yang paling mungkin dari owa hidup," kata Ji.

Para peneliti percaya bahwa penemuan spesies ini telah mengisi celah dalam sejarah evolusi penyakit catarrhine kecil di Asia Timur. (*)