Baca dalam 11 menit

Penjualan Mobil Konvensional di China Turun, Mobil Listrik Naik

Waktu Publish : 12 Nov 2021, 18:40 WIB
SHARE ARTIKEL

Mobil listrik China - Image from berbagai sumber

Beijing, Bolong.id - Dilansir dari chinanews.com pada (12/11/2021), pada 10 November, Asosiasi Produsen Mobil Tiongkok merilis data yang menunjukkan bahwa pada bulan Oktober 2021, penjualan mobil melebihi 2,33 juta unit, atau turun sekitar 10 persen dari bulan sebelumnya.

Namun, kendaraan energi baru (listrik) laku keras, dengan produksi dan penjualan mencapai rekor tertinggi lagi, dengan peningkatan tahun-ke-tahun sebesar 1,3 kali.

Xu Haidong (许海东), wakil kepala insinyur Asosiasi Produsen Mobil Tiongkok, mengatakan bahwa "kendaraan energi baru tahun ini telah mengantarkan titik balik dalam pemasaran."

Menurut data dari Asosiasi Otomotif Tiongkok, pada bulan Oktober, produksi dan penjualan mobil masing-masing mencapai 2,33 juta (sekitar 2,5 Milyar rupiah) dan 2,33 juta (sekitar 2,5 Milyar juta), naik 12,2% dan 12,8% bulan ke bulan, dan turun 8,8% dan 9,4% tahun ke tahun. Dari Januari hingga Oktober, produksi dan penjualan mobil adalah 20,587 juta (sekitar 46 Billion rupiah) dan 20,97 juta (sekitar 46 Milyar rupiah) , naik 5,4% dan 6,4% YoY. Tingkat pertumbuhan terus turun sedikit dari Januari hingga September.

Pada bulan Oktober, produksi dan penjualan mobil terus meningkat dari bulan ke bulan, dan penurunan tahun ke tahun menyempit dibandingkan bulan sebelumnya. Chen Shihua (陈士华), wakil sekretaris jenderal Asosiasi Otomotif Tiongkok, menganalisis bahwa situasi pasokan chip pada bulan Oktober sedikit berkurang dibandingkan dengan September. Meskipun hari kerja efektif dari libur Hari Nasional relatif berkurang, produksi dan penjualan mobil terus menunjukkan penurunan, pemulihan, dan situasi keseluruhan menunjukkan tanda-tanda perbaikan.

Pada bulan Oktober, produksi dan penjualan kendaraan komersial adalah 342.000 dan 326.000, naik 10,0% dan 2,5% bulan ke bulan; turun 26,9% dan 29,7% tahun ke tahun, dan tingkat penurunan menyempit dibandingkan September. Menurut analisis Asosiasi Otomotif Tiongkok, kendaraan komersial dipengaruhi oleh peralihan peraturan emisi, dengan cerukan berat pada tahap awal, dan permintaan pasar yang tumpang tindih tidak diharapkan, yang mempengaruhi pasar saat ini sampai batas tertentu.

Mengenai pasar mobil pada akhir tahun ini, Asosiasi Otomotif Tiongkok menganalisis bahwa "industri otomotif masih akan menghadapi tekanan chip dalam dua bulan ke depan, tetapi diperkirakan bahwa keseluruhan pasar sepanjang tahun masih akan menunjukkan pertumbuhan kumulatif" .

Mengenai fenomena kenaikan harga dan kenaikan mobil di pasar penjualan terminal, Xu Haidong (许海东) mengatakan bahwa memang ada masalah seperti itu, terutama karena kekurangan chip menyebabkan pasokan tidak mencukupi. Fenomena kenaikan harga merek milik sendiri tidak banyak, sementara usaha patungan dan mobil impor relatif terlihat. Faktanya, OEM tidak menaikkan harga, dan perilaku menaikkan harga terutama merupakan perilaku dealer individu. Dia percaya bahwa kenaikan harga akan memiliki dampak tertentu pada seluruh merek.

Tingkat pertumbuhan kendaraan energi baru bahkan lebih jelas. Pada bulan Oktober, pasar kendaraan energi baru secara keseluruhan melanjutkan kinerjanya yang baik, dengan produksi dan penjualan mencapai rekor tertinggi, masing-masing mencapai 397.000 dan 383.000, mewakili peningkatan 12,5% dan 7,2% dari bulan sebelumnya, dan peningkatan 1,3 kali dari tahun ke tahun.

Di antara jenis utama kendaraan energi baru, produksi dan penjualan kendaraan listrik murni dan hibrida plug-in tetap tumbuh dibandingkan dengan bulan sebelumnya; dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, produksi dan penjualan murni listrik dan plug-in hybrid. kendaraan terus meningkat pesat.

Kekuatan pembuatan mobil baru telah berhasil dengan baik. Pada 10 November, pada konferensi laporan keuangan kuartal ketiga 2021 Weilai Automobile, Li Bin, ketua Weilai Automobile, menyatakan bahwa Weilai mengirimkan total 24.439 kendaraan pada kuartal ketiga 2021, meningkat 100,2% dari tahun ke tahun. Pesanan baru pada Oktober mencapai rekor tertinggi. Volume pengiriman saat ini terutama dipengaruhi oleh fluktuasi pasokan. Diperkirakan total volume pengiriman pada kuartal keempat 2021 akan mencapai 23.500 hingga 25.500 kendaraan.

Xiaopeng Motors telah mengatasi tantangan kekurangan pasokan chip khusus industri dan mengirimkan lebih dari 10.000 unit selama dua bulan berturut-turut. Total volume pengiriman pada bulan Oktober meningkat sebesar 233% tahun-ke-tahun. Pada akhir Oktober tahun ini, volume pengiriman kumulatif historis Xiaopeng Motors telah melampaui 100.000.

Chen Shihua (陈士华) menganalisis bahwa pertumbuhan kendaraan energi baru tidak hanya karena peningkatan daya produk dan kinerja biaya yang berkelanjutan, tetapi juga pengakuan pasar konsumen. Kini tidak hanya pengguna di kota-kota besar yang membeli kendaraan energi baru, namun kota-kota kecil dan menengah bahkan pedesaan juga mengenal kendaraan energi baru. Awalnya, pembeli mobil berusia sekitar 30 tahun, dan sekarang kelompok konsumen lebih muda dan lebih menerima hal-hal baru.

"Sejak tahun ini, apakah itu pameran mobil atau konferensi pers, beberapa perusahaan mobil telah merilis mobil tradisional. Mereka pada dasarnya merilis produk energi baru. Kendaraan energi baru telah menjadi iklim," kata Chen Shihua (陈士华).

Xu Haidong (许海东)mengatakan bahwa tahun ini akan menjadi titik balik bersejarah bagi kendaraan energi baru untuk beralih dari yang didorong oleh kebijakan menjadi didorong oleh pasar.

Sampai sekarang, tingkat penetrasi pasar kendaraan energi baru negara saya telah mencapai rekor tertinggi 16%. Didorong oleh kendaraan energi baru, ekspor mobil negara saya sekali lagi membuat rekor sejarah baru. Pada bulan Oktober, ekspor mobil negara saya mencapai 230.000, meningkat 1,1 kali dari tahun ke tahun.

Dalam hal ini, Xu Haidong (许海东) menganalisis bahwa ada permintaan pasar di luar negeri, dan produk kami juga dapat bersaing dengan merek asing. Membangun merek mobil Tiongkok melalui ekspor kendaraan energi baru, diharapkan ekspor kendaraan energi baru akan mempertahankan tren pertumbuhan yang cepat tahun depan.

Dari segi struktur produk, saat ini mobil mini dan mobil kecil diwakili oleh Wuling Hongguang MINI yaitu mobil kelas A00 dan mobil kelas A0, serta mobil menengah yang diwakili oleh Tesla dan Weilai yaitu mobil kelas B, telah menjadi baru Tenaga penjualan utama kendaraan energi, mobil kompak antara 150.000 yuan dan 200.000 yuan, yaitu mobil kelas A, masih kekurangan model ace.

Analisis ahli percaya bahwa mobil kelas A tidak hanya membutuhkan daya tahan baterai jarak jauh, tetapi juga memiliki kinerja biaya yang relatif tinggi, yang sangat sulit bagi produsen mobil, dan hal yang sama terjadi di luar negeri. Ini juga merupakan alasan utama mengapa tidak ada ledakan besar dalam penjualan kendaraan energi baru kelas A.

“Saya berharap ada perbaikan serupa dengan aki blade, yang akan menekan biaya aki, sehingga mobil kelas A bisa lebih memenuhi kebutuhan konsumen dari segi biaya dan performa. Ini juga harus kedepannya. arah." Kata Xu Haidong (许海东).

Perlu dicatat bahwa pada bulan Oktober, pangsa pasar mobil penumpang merek Tiongkok menunjukkan peningkatan lagi. Pada bulan Oktober, penjualan kendaraan penumpang merek Tiongkok mencapai 952.000, meningkat dari tahun ke tahun sebesar 9,2%, dan pangsa pasar meningkat sebesar 6,2 poin persentase menjadi 47,5%.

Dilihat dari data kumulatif, dari Januari hingga Oktober, penjualan kendaraan penumpang merek Tiongkok adalah 7,387 juta, meningkat 28,1% dari tahun ke tahun, dan pangsa pasar naik menjadi 43,8%. Meskipun belum kembali ke level tertinggi sepanjang masa 51%, pangsa merek independen yang terus meningkat tidak diragukan lagi menarik.

Bahkan, ini juga pertama kalinya sejak penurunan produksi dan penjualan mobil di tahun 2018, merek milik sendiri diperkirakan akan mencapai rebound baik total penjualan dan pangsa pasar untuk tahun ini. Chen Shihua (陈士华) mengatakan bahwa pada bulan Oktober, pangsa pasar kendaraan penumpang merek milik sendiri terus meningkat, terutama karena perusahaan merek milik sendiri menghadapi tekanan yang lebih besar dalam industri tahun ini, strategi mereka menjadi lebih fleksibel, pengembangan produk telah meningkat, dan kendaraan energi baru telah membawa Kekuatan mobil baru berkembang dengan baik.

Putaran merek milik sendiri ini bangkit kembali di pasar dengan kandungan emas yang tinggi. Statistik menunjukkan bahwa sejak awal tahun ini, tiga hingga lima model mobil kelas A milik sendiri sering masuk dalam sepuluh besar peringkat penjualan bulanan.

Cui Dongshu (崔东树) sekretaris jenderal Dewan Gabungan Informasi Pasar Mobil Penumpang Nasional, mengatakan kepada wartawan bahwa tingkat kontribusi kendaraan energi baru ke pasar semakin tinggi dan tinggi, yang merupakan peningkatan pasar mutlak, dan merek independen menyumbang 80% dari penjualan .

Cui Dongshu (崔东树) percaya bahwa merek independen memiliki keunggulan nyata dalam elektrifikasi dan teknologi intelijen, yang secara langsung akan diterjemahkan menjadi keunggulan dalam daya saing produk. Ini bukan rebound sebagai pembalikan. Pembalikan pasar berarti bahwa pangsa pasar merek independen akan melewati ambang batas 50% dan menempati pangsa pasar 60% atau bahkan lebih tinggi di masa depan.

Chen Shihua (陈士华) menyatakan keyakinannya pada pangsa pasar di masa depan, dan proporsi merek milik sendiri dapat lebih ditingkatkan. Kendaraan energi baru adalah trek baru, dan beberapa merek independen teratas cukup kompetitif, dan kekuatan baru dalam manufaktur kendaraan akan terus mengerahkan kekuatan mereka. (*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong