Lama Baca3 Menit

Blizzard Games Keluar dari China, Jutaan Gamers Sedih

26 January 2023, 13:06 WIB

Blizzard Games Keluar dari China, Jutaan Gamers Sedih-Image-1
Blizzard Games Keluar dari China, Jutaan Pemain Mengucapkan Selamat Tinggal Sumber: Sohu

https://www.sixthtone.com/news/1012168/millions-of-players-bid-farewell-as-blizzard-games-exit-china-?source=channel_home

Beijing, Bolong.Id - Jutaan gamers Tiongkok berduka atas kepergian perusahaan Amerika, Blizzard Entertainment mengakhiri kemitraan 14 tahun dengan China NetEase.

Dilansir dari 腾讯新闻 , Selasa (24/01/2023) Mulai Senin (23/1/2023), game “Overwatch”, “Hearthstone”, dan “World of Warcraft” tidak tersedia untuk pemain di Tiongkok. 

Pihak NetEase, perusahaan game terbesar kedua di negara itu setelah Tencent, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penangguhan layanan "tidak akan memudarkan kenangan" yang terkait dengan game tersebut, dan mereka akan terus "bersinar seperti berlian".

Pada bulan November, perusahaan yang berbasis di California itu mengatakan akan menangguhkan layanan game-nya di Tiongkok setelah gagal memperbarui perjanjian yang konsisten dengan prinsip operasi dan komitmen Blizzard kepada pemain dan karyawan. 

Ini berarti lebih dari setengah lusin game perusahaan (termasuk "Warcraft", "Overwatch", "Diablo", dan “StarCraft”) tidak akan tersedia di Tiongkok mulai Senin.

Banyak gamer mengatakan bahwa mereka terjebak dalam pertempuran antara dua perusahaan, membuat mereka tidak punya pilihan lain selain berhenti.

Sementara itu, Blizzard juga melarang pemain Tiongkok untuk berpartisipasi dalam kompetisi esports Hearthstone tahun ini, dengan alasan penghentian kemitraannya dengan NetEase. Langkah tersebut mengecewakan banyak pemain yang mempersiapkan turnamen.

Dalam menanggapi hal ini beberapa netizen banyak yang mengucapkan kesan pesan terakhir bermain game ini. Salah satunya, terdapat pemain yang mengatakan bahwa mereka bertarung hingga menit terakhir di peta Night of the Dead.

Blizzard Games Keluar dari China, Jutaan Gamers Sedih-Image-2
Sumber: 腾讯新闻

Bahkan juara dunia Warcraft WCG2005 2006 Li Xiaofeng memposting postingan yang mengenang momen ketika dia memenangkan kejuaraan di Warcraft. Li Xiaofeng  mengatakan 

"Meskipun tidak ada nostalgia, ribuan jam persahabatan dan investasi puluhan ribu dolar akan hilang mulai hari ini. Dari keranjang keluarga hingga mencopot pemasangan Battle.net, ini adalah kisah saya dan game Blizzard. Telah diceritakan selama lebih dari sepuluh tahun...."

Blizzard Games Keluar dari China, Jutaan Gamers Sedih-Image-3
Sumber: 腾讯新闻

(*)

<<