Lama Baca2 Menit

China Terus Perbanyak Asuransi Hari Tua

25 January 2023, 09:43 WIB

China Terus Perbanyak Asuransi Hari Tua-Image-1
Lansia di China - China Daily

Beijing, Bolong.id - Pemerintah Tiongkok terus memperbanyak jumlah orang tua yang ditanggung asuransi hari tua. Pada 2022 tercatat 1,05 miliar orang tua yang disantuni. Jumlah itu naik 24,3 juta orang dibanding tahun sebelumnya.

Dilansir dari People Daily (22/01/2023), Qi Tao, pejabat kementerian.yang mengurusi itu, mengatakan: “Cakupan asuransi terus diperbanyak."

Kebijakan pensiun telah disatukan secara nasional sehingga hak dan kepentingan pekerja dan pensiunan lebih terlindungi, ujarnya.

Tahun lalu, 244 miliar yuan (sekitar 36 miliar dolar AS) dari dana asuransi hari tua dialokasikan kembali antar daerah provinsi untuk mendukung daerah yang mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran, menurut Qi.

Subsidi fiskal dari pemerintah pusat ditingkatkan, sementara sistem investasi pemerintah daerah dalam dana asuransi diperbaiki, katanya.

Sistem manajemen terpadu nasional akan terus ditingkatkan dan diatur dengan lebih baik untuk memastikan bahwa manfaat pensiun dibayarkan tepat waktu dan penuh, menurut Qi.

Tiongkok memiliki sistem jaminan sosial terbesar di dunia. Ini memiliki mekanisme asuransi hari tua tiga pilar, yang mencakup asuransi hari tua dasar nasional, anuitas perusahaan dan pekerjaan, dan produk keuangan hari tua komersial dan program pensiun swasta – yang digabungkan menjadi pilar ketiga.(*)

Informasi Seputar Tiongkok

<<