Baca dalam 3 menit

Dubes Tiongkok Bagikan “1 Hingga 9” Fakta Tentang Hukum Kemanan Nasional Hong Kong

Waktu Publish : 05 Jul 2020, 21:59 WIB
SHARE ARTIKEL

Cui Tiankai (崔天凯)Dubes Tiongkok untuk AS - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Amerika Serikat, Bolong.id – Melansir China News Service, Duta Besar Tiongkok untuk Amerika Serikat Cui Tiankai (崔天凯) pada hari Jumat (3/7/2020) membagikan fakta dasar dan pandangannya terkait Undang-Undang Keamanan Nasional Hong Kong melalui video dengan menggunakan kode angka “1 hingga 9”. Kira-kira maksud dari angka ini apa ya?

“1 dan 2” artinya “satu negara, dua sistem.” Hal ini akan tetap menjadi pedoman dasar untuk pemerintahan Hong Kong. Penerapan undang-undang ini merupakan tonggak penting dalam praktik "satu negara, dua sistem" dan akan memberikan jaminan institusional yang kuat untuk penerapan jangka panjangnya.

“3” yang artinya 3 juta. Kampanye tanda tangan untuk mendukung hukum dimulai di Hong Kong pada akhir Mei. Dalam delapan hari, hampir 3 juta penduduk Hong Kong menandatangani secara online atau di stan-stan jalanan untuk menunjukkan dukungan mereka. Hukum ini adalah sesuatu yang sangat diinginkan penduduk Hong Kong.

“4”, mengacu pada empat pelanggaran dan hukuman terkait yang ditentukan dalam undang-undang, yaitu pemisahan diri, subversi, kegiatan teroris, kolusi dengan negara-negara asing atau unsur-unsur eksternal untuk membahayakan keamanan nasional.

“5”, singkatan dari lima dekade. Menurut Hukum Dasar Hong Kong, sistem kapitalis dan cara hidupnya akan tetap tidak berubah selama 50 tahun.

“6” yang artinya 6 bab dan 66 pasal hukum. Cui Tiankai (崔天凯) menyarankan semua penduduk dari negara manapun untuk membaca seluruh hukum secara seksama dan hati-hati, agar tidak terjadi kesalahpahaman atau pengaruh bias.

Angka “7” dan “8”, mewakili lebih dari 7 juta penduduk Hong Kong dan lebih dari 80.000 warga Amerika yang tinggal di Hong Kong. Undang-undang keamanan nasional akan membantu memastikan pemulihan tatanan sosial di kota, dan ini merupakan kabar baik bagi mereka semua, ujar Cui Tiankai (崔天凯).

Terakhir, angka “9”. Dalam budaya Tiongkok, angka 9 merupakan simbol "tahan lama." Cui Tiankai (崔天凯) menambahkan, ia memiliki keyakinan penuh bahwa hukum keamanan nasional akan memastikan stabilitas jangka panjang dan kemakmuran Hong Kong.

“Karena Hong Kong adalah milik Tiongkok, urusan Hong Kong pasti juga adalah urusan dalam negeri Tiongkok. Pemerintah dan rakyat Tiongkok bertekad penuh untuk melindungi kedaulatan nasional, kepentingan keamanan dan pembangunan, dan untuk menentang campur tangan eksternal dalam urusan Hong Kong,” ujarnya. (*)


Terkait

news

Tiongkok Desak Australia, Stop Campuri Soal Hong Kong

  • Della Shafira Putri
  • 10 Jul 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong