Lama Baca10 Menit

Inilah 20 Aktor Aktris China Gen Z Paling Populer

25 January 2023, 12:18 WIB

Inilah 20 Aktor Aktris China Gen Z Paling Populer-Image-1
Dari kiri: Rosy Zhao, Wang Yibo, dan Guan Xiaotong adalah tiga bintang yang sedang naik daun di Tiongkok saat ini.

Beijing, Bolong.id - Dilansir dari Asiaone. Siapa aktor dan aktris muda Tiongkok yang paling populer sekarang? Berikut 20 bintang generasi Z (lahir 1997 ke atas) di sana..

Wang Yibo, 25

Inilah 20 Aktor Aktris China Gen Z Paling Populer-Image-2
Wang Yibo - Weibo

Wang Yibo memulai debutnya pada tahun 2014 sebagai penari utama dan rapper di boy band Korea Selatan-Tiongkok Uniq dan popularitasnya meroket sejak saat itu. Pemain berusia 25 tahun ini sekarang memiliki 40 juta pengikut di akun Weibo-nya.

Saat masih kecil, ia menderita miokarditis, penyakit yang menyebabkan radang otot jantung, yang memaksanya berhenti menari dan menjalani pengobatan. Ketika dia pulih, dia harus belajar menari dari awal lagi.

Pada tahun 2019, Yibo membintangi serial drama The Untamed, yang diadaptasi dari sebuah novel, sebagai salah satu dari dua pemeran utama pria bersama Xiao Zhan. 

Dia mendapat perhatian karena berperan sebagai pria yang mengembangkan perasaan romantis terhadap pria lain. Karena larangan film LGBT di Tiongkok, adegan romantis eksplisit diganti dengan subteks homoerotik.

Setelah mendapatkan popularitas internasional untuk perannya, ia masuk dalam daftar 2019 Forbes Tiongkok's Celebrity 100 dan 30 Under 30 list, yang menghormati anak muda di bawah 30 tahun yang telah membuat dampak signifikan di bidangnya.

Selain menjadi aktor, dia juga seorang penulis lagu. Pada Desember 2019, dia merilis single No Sense, yang merupakan upaya pertamanya dalam menulis lagu. Enam juta salinan digital dari lagu tersebut terjual dalam waktu 20 menit setelah dirilis.

Sejak 2019, Yibo telah menjadi anggota Yamaha Tiongkok Racing Team sebagai pembalap motor jalanan profesional. 

Pada Agustus 2019, ia berpartisipasi dalam Kejuaraan Balap Jalan Raya Asia di Sirkuit Internasional Zhuhai dan memenangkan juara kedua dalam kompetisi campuran dan juara pertama di divisi rookie.

The Untamed sedang streaming di iQiyi.

Bai Lu, 28

Inilah 20 Aktor Aktris China Gen Z Paling Populer-Image-3
Bai Lu - Weibo

Bai Lu, 28, memulai karir aktingnya pada tahun 2015 dalam sebuah film pendek berjudul Meeting You Is Such A Good Thing dan film pendek berikutnya mendapatkan popularitas online.

Sejak 2018, ia telah memenangkan berbagai penghargaan akting dan popularitas, termasuk penghargaan Pendatang Baru di iQiyi All-Star Carnival ke-7 untuk serial TV Untouchable Lovers.

Pada tahun berikutnya, dia memenangkan aktris terbaik untuk serial Akademi Militer Arsenal dalam Upacara Penghargaan Aktor Tiongkok. 

Dia juga memenangkan aktris terbaik untuk drama One and Only di Penghargaan Huading ke-34. Sebelumnya pada tahun 2022, dia memenangkan Aktris Terbaik Tahun Ini untuk serial tersebut Selamanya dan Selamanya di Festival TV Amerika Tionghoa — Golden Angel Awards.

Bai Lu, yang memiliki 18,8 juta pengikut di Weibo, adalah seorang pembaca yang rajin dan memiliki gaya penulisan yang unik.

Saat terdaftar sebagai mahasiswa bahasa asing di Institut Teknis Pariwisata dan Perdagangan Changzhou, dia berpartisipasi dalam Kompetisi Penulisan Esai Provinsi Jiangsu dan menjadi juara pertama.

Drama Ordinary Greatness 2022 Bai Lu, sebuah cerita tentang empat peserta pelatihan polisi, serta Akademi Militer Arsenal sedang streaming di iQiyi.

Guan Xiaotong, 25

Inilah 20 Aktor Aktris China Gen Z Paling Populer-Image-4
Guan Xiaotong - Weibo

Ayah Guan Xiaotong, Guan Shaozeng adalah seorang aktor TV, dan kakeknya Guan Xuezeng adalah pendiri Beijing Qinshu, sebuah bentuk opera rakyat berdasarkan musik dinasti Qing dan Ming.

Keluarganya mendorong kecintaannya pada seni sejak usia dini dan dia pertama kali membintangi film arthouse Nuan pada tahun 2003 pada usia empat tahun. Pada tahun 2016, ia diterima di Beijing Film College jurusan akting setelah tampil pertama di bagian praktis dan tertulis dalam Ujian Masuk Perguruan Tinggi Tiongkok.

Wanita berusia 25 tahun ini dikenal dengan perannya dalam film The Left Ear (2015) dan Shadow (2018). Dia berperan sebagai pacar pemeran utama pria yang pencemburu dan manja di Telinga Kiri. 

Di Bayangan, dia berperan sebagai saudara perempuan raja kerajaan Pei yang dinikahkan dengan Yang Ping, putra komandan Kerajaan Yang, untuk menjaga perdamaian di kedua kerajaan.

Dianggap sebagai "Putri Bangsa" di Tiongkok, Xiaotong, yang memiliki 34,5 juta pengikut di Weibo, dianggap sebagai salah satu dari empat aktris paling populer dan luar biasa yang lahir setelah tahun 1990. Pada tahun 2017, Forbes Tiongkok mendaftarkannya dalam daftar Forbes 30 under 30 Asia.

Salah satu acara terbarunya termasuk peran utama di season kedua Twenty Your Life On, memainkan livestreamer kecantikan dan perawatan kulit top dengan banyak pasang surut dalam kariernya.

Musim pertama dari Twenty Your Life On tersedia di iQiyi dan Netflix.

Wendy Zhang, 21

Inilah 20 Aktor Aktris China Gen Z Paling Populer-Image-5
Wendy Zhang - Weibo

Wendy Zhang saat ini menghadiri Akademi Film Beijing dan dianggap sebagai salah satu talenta muda paling cemerlang di Tiongkok, telah berakting sejak 2008.

Dalam Inference Notes (2017), pria berusia 21 tahun ini berperan sebagai penderita skizofrenia dengan dua kepribadian yang sangat berbeda — yang satu adalah gadis muda yang unik dan sombong, sementara yang lainnya adalah seorang detektif dengan keterampilan penalaran deduktif yang mengesankan.

Pada tahun 2018, dia dinominasikan sebagai aktris pendukung terbaik di Golden Horse Awards ke-55 untuk perannya dalam Last Letter. 

Dia juga menyapu penghargaan Aktris Terbaik di Huading Awards, Asian Film Awards, Golden Rooster Awards, Changchun Film Festival dan Hundred Flowers Awards untuk perannya dalam Sister.

Dengan memenangkan pendatang baru terbaik di Hundred Flowers Awards for Aftershock pada tahun 2012, Wendy, dengan hampir 16 juta pengikut di Weibo, menjadi pemenang termuda dari Penghargaan bergengsi tersebut.

Dia juga dikenal sebagai salah satu aktris Empat Dan Baru yang lahir setelah tahun 1995, bersama dengan Wen Qi, Zhang Xueying dan Guan Xiaotong.

Salah satu perannya yang paling menonjol adalah sebagai Lin Zhaoxi di The Heart of Genius (2022), di mana dia berperan sebagai putri seorang jenius matematika yang melakukan perjalanan melintasi berbagai dimensi dan garis waktu.

The Heart of Genius sedang streaming di iQiyi.

Leo Wu, 23

Inilah 20 Aktor Aktris China Gen Z Paling Populer-Image-6
Leo Wu - Weibo

Leo Wu dibina pada tahun 2002 ketika dia baru berusia tiga tahun dan muncul di iklan TV. 

Seringainya yang menggemaskan menjadi ciri khas yang dicintai, sehingga membuka banyak peluang di dunia hiburan. Dia tampil di lebih dari 50 iklan dan membuat penampilan kecil di banyak pertunjukan selama dua tahun berikutnya.

Tiongkok memasukkan Leo ke dalam daftar 30 Under 30 Asia 2017 mereka. Pada tahun 2018, ia mendaftar di Akademi Film Beijing, lembaga studi film terbesar di Asia, menjadi yang pertama dalam ujian dengan skor mengesankan 92,85 dari 100, dan juga 456 dari 600 dalam Ujian Masuk Perguruan Tinggi.

Pada tahun 2021, Leo membintangi drama sejarah terkenal The Long Ballad (2021) bersama Dilraba Dilmurat dan sangat dipuji atas perannya yang semakin meningkatkan popularitasnya. Wanita berusia 23 tahun itu sekarang memiliki hampir 48 juta pengikut di Weibo.

Saat syuting sebuah adegan pada Agustus 2021, sebuah penyangga tidak berfungsi dan meledak di wajah Leo. Dia bersikeras bahwa lukanya kecil dan hanya dibawa ke rumah sakit setelah syuting. 

Di rumah sakit, bagaimanapun, terungkap bahwa banyak luka tertinggal di wajahnya dari pecahan peluru, beberapa di antaranya hampir berakhir di matanya. Dia telah pulih sepenuhnya sejak saat itu.

The Long Ballad dan Nothing But You streaming di iQiyi sementara Love like the Galaxy streaming di Viu.

Rosy Zhao, 24

Inilah 20 Aktor Aktris China Gen Z Paling Populer-Image-7
Zhao Lusi/Rosy Zhao - Weibo

Rosy Zhao, yang mempelajari mode dan desain di Universitas Mingdao Taiwan, dilantik ke dalam industri hiburan dengan Super Girl 2016, sebuah kontes menyanyi Tiongkok yang populer untuk wanita. 

Pada tahun yang sama, dia menjadi pembawa acara variety show Badan Intelijen Mars dan melakukan debut aktingnya dengan peran pendukung dalam drama web Koki Cinderella pada tahun berikutnya.

Meskipun ia memulai karir showbiznya sebagai pembawa acara, banyak peran aktingnya sangat populer. Pada tahun 2018, Rosy mendapatkan peran utama pertamanya dalam drama sejarah perjalanan waktu Oh! My Emperor, yang mendapatkan pengikut online yang cukup besar dan meningkatkan pengakuan untuknya. 

Dia juga menerima penghargaan pendatang baru di Golden Bud — Festival Film dan Televisi Jaringan Ketiga pada tahun 2019 untuk perannya.

Wanita berusia 24 tahun, yang memiliki lebih dari 23 juta pengikut di Weibo, kemudian membintangi drama roman sejarah The Romance of Tiger and Rose, mendapatkan banyak penghargaan termasuk aktris terbaik dan pendatang baru terbaik di Huading Awards.

Selama tahun-tahun sarjananya, dia berperan sebagai model runway untuk pameran produk sekolahnya dan juga memfilmkan video yang merekomendasikan berbagai jenis mi instan Taiwan.

Drama romantis fantasi Rosy Who Rules the World sedang streaming di Netflix.(*)

Informasi Sepuytar Tiongkok

 

 

<<