Lama Baca2 Menit

Jenis Tari Naga dari Utara dan Selatan China

25 January 2023, 10:53 WIB

Jenis Tari Naga dari Utara dan Selatan China-Image-1
Tarian Naga Utara

Beijing, Bolong.Id - Tari naga, khas Tiongkok dan terkenal se-dunia. Ada dua jenis tarian naga. Yaitu dari selatan dan utara Tiongkok.

Dilansir dari China Highlights, berikut rinciannya:

1. Tari Naga Selatan

Tarian naga selatan berasal dari daerah selatan Sungai Yangtze. Tubuh naga selatan didekorasi dengan lebih halus dan lebih berat daripada naga utara.

Gaya selatan lebih mengedepankan momentum, kekuatan, dan penampilan yang megah, sehingga tidak menampilkan gerakan yang lincah. 

Biasanya dibutuhkan 10 orang untuk membawa naga selatan. Biasanya terbuat dari bambu dan kertas, dan kulit tubuhnya terbuat dari kain dengan gambar sisik naga di atasnya.


2. Tari Naga Utara

Gaya ini dikembangkan di utara Sungai Yangtze.

Tubuh dan kepala naga utara lebih kecil dari naga selatan, dan terbuat dari kertas atau serat tumbuhan, yang membuatnya jauh lebih ringan. 

Tarian naga utara sering dilakukan di lingkungan yang gelap, jadi naga utara biasanya dibuat dengan bahan berpendar.

Berbeda dengan naga selatan yang menampilkan kekuatan dan keagungan, naga utara lebih mengedepankan keluwesan dalam gerakan tariannya. Gaya utara lebih mirip dengan tarian barongsai.

Saat ini, naga utara lebih populer di seluruh dunia. Kompetisi dan pertunjukan sering diadakan di Tiongkok, Hong Kong, Malaysia, dan Singapura.(*)

<<