Baca dalam 2 menit

Jiuhe Zhuo Tarian Asal Tibet, Ada Sejak 1.300 Tahun Lalu

Waktu Publish : 27 Jul 2020, 14:32 WIB
SHARE ARTIKEL

Nyima, Pewaris Tarian Jiuhe Zhuo di Tibet - Image from Xinhua

Lhasa, Bolong.id - Dilansir dari Xinhua, tarian Jiuhe Zhuo, berasal dari Kabupaten Qonggyai, Shannan di Tibet barat daya Tiongkok, dan telah memiliki sejarah lebih dari 1.300 tahun.

Sejak zaman kuno, tarian yang dijuluki tarian genderang pinggang di Tibet ini telah menjadi bentuk tarian favorit bagi penduduk lokal di Shannan sebagai bentuk ekspresi berdoa demi keberuntungan.

Nyima dan tarian Jiuhe Zhuo - Image from Xinhua

Nyima, pewaris tarian Jiuhe Zhuo, yang merupakan warisan budaya takbenda nasional ini, mulai mempelajari tarian ini dari ayahnya sejak usia sembilan tahun.

Ia telah mendedikasikan diri untuk menari Zhuo di pertunjukan selama lebih dari 60 tahun. Penampilannya pun pernah memenangkan penghargaan nasional untuk seni rakyat.

Nyima dan Tarian Jiuhe Zhuo - Image from Xinhua

Setelah beberapa dekade mempelajari tarian, Nyima telah membentuk gayanya yang unik. Selama pertunjukan, ia memainkan peran sebagai penari terkemuka dan mengendalikan gerakan dan irama tarian. Nyima telah melatih puluhan murid dan membentuk tim pertunjukan tarian Zhuo di Desa Jiuhe.

Sekarang, tim penari muda sering tampil di banyak tempat yang berbeda. Tarian Zhuo juga telah menjadi pendekatan penting untuk mengurangi kemiskinan bagi penduduk desa setempat. (*)

Nyima dan tarian Jiuhe Zhuo - Image from Xinhua


Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong