Baca dalam 3 menit

SEJARAH: 1937 Asosiasi Jurnalis China Didirikan

Waktu Publish : 08 Nov 2021, 10:38 WIB
SHARE ARTIKEL

Asosiasi Jurnalis Tiongkok - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Beijing, Bolong.id – Hari ini 84 tahun yang lalu, pada tanggal 8 November 1937, Asosiasi Jurnalis Tiongkok didirikan.

Dilansir dari 查询工具大全, nama lengkap Asosiasi Jurnalis Tiongkok adalah Asosiasi Jurnalis Seluruh Tiongkok. Organisasi tersebut adalah organisasi massa nasional yang terdiri dari asosiasi jurnalis dan masyarakat jurnalistik seluruh provinsi, kotamadya, dan daerah otonom, serta asosiasi jurnalis profesional, organisasi jurnalistik lainnya, dan jurnalis.

Pendahulu Asosiasi Jurnalis Tiongkok, Asosiasi Jurnalis Muda Tiongkok, didirikan pada 8 November 1937, di bawah pengawasan langsung Komite Pusat Partai dan Perdana Menteri Zhou Enlai.

Setelah pembentukan Asosiasi Jurnalis Pemuda, ia bersatu dengan wartawan dan memberikan kontribusi luar biasa dalam perjuangan publisitas melawan demokrasi pada saati itu dan membesarkan sejumlah besar jurnalis terkemuka. Kegiatan Asosiasi Jurnalis Pemuda Tiongkok telah berlangsung sampai pembebasan seluruh negeri.

Pada bulan September 1954, Asosiasi Jurnalis Pemuda Tiongkok berubah nama menjadi Asosiasi Jurnalis Seluruh Tiongkok. Pada tahun 1957, kongres pertama jurnalis Tiongkok diadakan di Beijing, dan pembentukan Asosiasi Jurnalis Seluruh Tiongkok diumumkan secara resmi.

Selama sepuluh tahun kekacauan dari 1966 hingga 1976, Asosiasi Jurnalis Tiongkok terpaksa berhenti bekerja. Pada bulan Agustus 1980, Asosiasi Jurnalis Tiongkok kembali melanjutkan kegiatannya.

Tugas Asosiasi Jurnalis Tiongkok yaitu aktif mengorganisir pertukaran pembelajaran, penelitian dan pengalaman kerja di antara jurnalis Tiongkok, meningkatkan level teoritis dan kemampuan profesional jurnalis, mengembangkan pertukaran persahabatan dengan rekan-rekan di pers internasional, dan meningkatkan kerja jurnalisme Persahabatan Tiongkok antara jurnalis dari berbagai negara.

Sekarang, Asosiasi Jurnalis Tiongkok telah menjadi organisasi massa nasional dengan wibawa tertentu di kalangan pers domestik dan internasional, dan telah mengembangkan kontak persahabatan dengan teman-teman di lingkaran pers di lebih dari 100 negara dan wilayah di dunia.

Asosiasi juga mendirikan Sekolah Tinggi Jurnalisme Karyawan, menyelenggarakan beberapa wawancara relokasi dan pertemuan pertukaran pengalaman, serta mengadakan pertemuan penghargaan nasional untuk jurnalis berprestasi. Ini telah memainkan peran positif dalam mempromosikan perkembangan jurnalisme Tiongkok. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

culture

Kegiatan yang Biasa Dilakukan Saat Natal di China

  • Lupita
  • 06 Dec 2021

news

Asrama Pembangkit Listrik Mingtai Terbakar, 8 Tewas 5 Luka

  • Djono W. Oesman
  • 06 Dec 2021

news

Jalur KA Cepat Laos-China Dibuka

  • Djono W. Oesman
  • 06 Dec 2021

business

China Jadi Pasar Robot Terbesar di Dunia

  • Lupita
  • 06 Dec 2021

lifestyle

6 Lokasi Wisata Menarik di Hangzhou

  • Djono W. Oesman
  • 06 Dec 2021

technology

Produksi Garam Tanah, China Teliti Tanaman yang Tahan Garam

  • Lupita
  • 06 Dec 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong