Zhu Hai Yun Kapal Induk Drone Pertama di Dunia

26 January 2023, 12:59 WIB

Zhu Hai Yun Kapal Induk Drone Pertama di Dunia-Image-1
Foto: Tangkapan layar dari cityofzhuhai.com

Guangdong, Bolong.Id - Tiongkok memberangkatkan kapal induk drone pertama di dunia 'Zhu Hai Yun' (珠海云), Kamis (19/1/2023) yang mampu beroperasi sendiri.

Dilansir dari 三泰虎 pada Minggu (22/1/2023), itu dikendalikan dari jarak jauh dan bernavigasi secara mandiri di perairan terbuka. Ini akan melakukan penelitian ilmiah kelautan dan pengamatan lainnya.

Zhu Hai Yun memasuki pelabuhan rumahnya di pelabuhan Zhuhai Gaolan di Provinsi Guangdong, Tiongkok Selatan pada Kamis pagi dan secara resmi mulai digunakan setelah satu setengah tahun konstruksi. Dibangun di bawah naungan Southern Marine Science and Engineering Guangdong Laboratory (Zhuhai).

Zhu Hai Yun merupakan kapal penelitian ilmiah sistem tak berawak pertama di dunia dengan navigasi otonom dan fungsi kendali jarak jauh, dan telah dianugerahi sertifikat kapal cerdas pertama oleh China Classification Society (CCS).

Rancangan dan konstruksi Zhu Hai Yun telah mengikuti prinsip kecerdasan hijau, dukungan ilmiah untuk sistem tak berawak, dan "rasa masa depan". Sementara itu, sistem tenaga, sistem propulsi, sistem cerdas, sistem pemosisian daya, dan sistem pendukung penyelidikan telah dikembangkan secara independen oleh tim peneliti Tiongkok.

Pada percobaan pertama kalinya, kapal induk berlayar secara mandiri selama 12 jam berturut-turut, dan menyadari penghindaran rintangan dan perencanaan jalur dan mencapai efek yang diinginkan dan memvalidasi desain.

Kapal induk tak berawak cerdas sepanjang 88,5 meter adalah salah satu pencapaian penting dari Southern Marine Laboratory, dengan perpindahan yang dirancang sekitar 2.100 ton dan kecepatan tertinggi 18 knot.

Kapal memiliki dek belakang yang luas, yang dapat membawa berbagai instrumen observasi udara, laut, dan kapal selam tanpa awak. Itu dapat melakukan tugas-tugas survei laut yang komprehensif seperti survei dan pemetaan laut, pengamatan laut, patroli laut dan survei parsial dan pengambilan sampel.(*)

<<