Lama Baca 4 Menit

Yin Ruoning Pegolf Wanita Nomor 1 Dunia

13 September 2023, 00:05 WIB

Yin Ruoning Pegolf Wanita Nomor 1 Dunia-Image-1
Yin Ruoning melambai setelah melakukan green keempat pada putaran final Kejuaraan LPGA Kroger Queen City pada hari Minggu.

Beijing, Bolong.id - Yin Ruoning dari Tiongkok menjadi pegolf wanita nomor satu dunia pada Minggu dengan finis ketiga di LPGA Kroger Queen City Championship.

Dilansir dari Shanghai Daily (11/09/2023). Pegolf berusia 20 tahun asal Shanghai ini menjadi wanita Tiongkok kedua yang menduduki peringkat 1 dunia setelah Feng Shanshan, yang mencapai puncak dari November 2017 hingga April 2018.

"Ini sangat berarti. Bagi saya ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan," kata Yin.

“Aku merinding. Peringkat 1 Dunia adalah langkah besar dalam mengejar Shanshan.”

Yin akan bermain di tim Tiongkok yang dilatih oleh Feng di Asian Games, yang dibuka pada 23 September di kandang sendiri di Hangzhou.

"Saya tidak memiliki banyak kesempatan untuk mengobrol dengan Shanshan," kata Yin. 

“Tapi saya tidak sabar untuk kembali ke Tiongkok dan bermain di Asian Games dan menghabiskan lebih banyak waktu dengannya, mengingat dia adalah pelatih kepala di tim nasional kami.”

Yin, yang membutuhkan hasil empat besar untuk menyalip petenis Amerika Lilia Vu untuk posisi teratas, ketinggalan dua pukulan pada playoff untuk gelar Queen City antara pemain Australia Minjee Lee, yang memenangkan gelar dengan birdie pada lubang tambahan kedua, dan Charley Hull dari Inggris.

Namun Yin mencetak 5-under-par 67 pada putaran terakhir untuk finis ketiga dengan 14-under 274 di Kenwood Country Club di Cincinnati, Ohio, dan menjadi pemain kelima yang menduduki peringkat teratas tahun ini.

“Sungguh menakjubkan,” kata Yin, “Pikiran saya kosong saat ini.”

Yin yang menduduki peringkat kedua memenangkan gelar mayor pertamanya pada bulan Juni di Kejuaraan PGA Wanita, dua bulan setelah meraih kemenangan LPGA pertamanya di LA Terbuka.

Pemain lain yang menduduki peringkat teratas tahun ini termasuk Lydia Ko dari Selandia Baru, Vu dan Nelly Korda dari Amerika, dan Ko Jin-young dari Korea Selatan.

Tiga kemenangan Vu tahun ini termasuk kemenangan besar di Chevron Championship pada bulan April dan Women's British Open pada bulan Agustus.

Yin tidak pernah berhasil berbagi keunggulan, finis keempat di peringkat ketiga dalam lima event, namun ia melakukan apa yang ia perlukan untuk melompat ke peringkat teratas.

“Saya cukup nyaman,” katanya. “Setiap minggu saya tahu saya berada di posisi yang bagus dan setiap minggu saya bisa menempatkan diri saya di lingkaran kemenangan. Sungguh menakjubkan melihat saya bisa bermain bagus, tapi juga konsisten. "

Yin memasukkan birdie pada hole kedua par-5 dan hole keempat pada hole ketiga par-3 untuk masuk ke hole ketiga lebih awal.

Ia mengawali sembilan hole terakhir dengan sebuah birdie dan menambahkan satu birdie lagi pada par-5 ke-15 untuk memperkuat cengkeramannya di titik penalti, lalu melakukan parred menuju clubhouse.

“Sebelum minggu ini, saya tahu (tergantung pada) di posisi mana saya finis, saya bisa menjadi peringkat 1 dunia,” kata Yin. “Saya hanya mengingatnya.

"Lubang terakhir saya memeriksa papan peringkat. Saya seperti, 'Oke, seminggu lagi finis ketiga, tapi saya berasumsi saya akan menjadi peringkat 1 dunia.'"(*)

Yin Ruoning Pegolf Wanita Nomor 1 Dunia-Image-2
Yin Ruoning dari Tiongkok, melakukan tee off pada lubang ketiga pada putaran final Kejuaraan LPGA Kroger Queen City di Kenwood Country Club di Cincinnati, Ohio, pada hari Minggu.

Informasi Seputar Tiongkok