Wow... Jejak Kaki Dinosaurus Ditemukan di Shanghang

22 November 2022, 11:18 WIB

Wow... Jejak Kaki Dinosaurus Ditemukan di Shanghang-Image-1
Temuan Baru! Fosil Jejak Kaki Dinosaurus Langka ditemukan di Shanghang.

Shanghang, Bolong.Id - Jejak kaki dinosaurus dengan area luas, ditemukan di Shanghang, Kota Longyang Provinsi Fujian, Tiongkok.

Dilansir dari 新浪, Sabtu (19/11/2022) para ahli mengatakan jejak kaki itu bernilai signifikan untuk mempelajari kebiasaan dinosaurus.

Jejak ditemukan di sisi timur, jejak kaki dinosaurus yang hidup di zaman Kapur Akhir, yang sebelumnya ditemukan di desa Longxiang di daerah Shanghang di Fujian.

Jejak terungkap karena longsoran batu baru-baru ini. Gambar di tempat menunjukkan bahwa jejak kaki dinosaurus diawetkan dalam fosil jejak (atau cetakan) dan fosil pengisi (atau cetakan) dan berhubungan satu sama lain seolah-olah satu set cetakan terbuka.

Menurut materi terbuka online, setiap jejak kaki dinosaurus akan diwakili oleh dua fosil - cetakan, atau cetakan, di permukaan atas substrat, dan pengisi, atau cetakannya.

Wow... Jejak Kaki Dinosaurus Ditemukan di Shanghang-Image-2
Temuan Baru! Fosil Jejak Kaki Dinosaurus Langka ditemukan di Shanghang.

Meliputi area seluas hampir 15 meter persegi, spesimen fosil dengan jelas mengawetkan hampir 30 jejak dari enam jenis dinosaurus dari Kapur Akhir, yang memiliki nilai ilmiah yang signifikan dalam mempelajari kebiasaan hidup dinosaurus dan lingkungan hidup pada periode tersebut karena sebagian besar jejak yang ditemukan sebelumnya termasuk ke periode Jurassic atau Cretaceus, kata para peneliti kepada media.

Area jejak kaki dinosaurus yang sangat luas yang diawetkan dalam lempengan positif dan negatif belum pernah ditemukan di Tiongkok atau dunia sebelumnya karena sebagian besar jejak kaki dinosaurus yang ditemukan sebelumnya diawetkan di sisi cekung atau sisi cembung dan sangat jarang ditemukan.

Melihat mereka di kedua sisi jejak dan pengisi muncul pada saat yang sama, Wang Xiaolin, seorang peneliti dari Institut Paleontologi Vertebrata dan Paleoantropologi di Akademi Ilmu Pengetahuan China, yang berpartisipasi dalam eksplorasi di tempat, mengatakan kepada media.

Situs jejak kaki dinosaurus di daerah Shanghang pertama kali ditemukan pada November 2020 sebagai salah satu situs jejak kaki dinosaurus Kapur Akhir paling beragam yang ditemukan di Tiongkok. Berbagai jenis jejak dinosaurus yang ditemukan di situs tersebut menunjukkan bahwa dinosaurus telah hidup di wilayah tersebut dalam waktu yang cukup lama.(*)