Baca dalam 3 menit

China dan Negara-negara Arab Perluas Kerja Sama Ekonomi

Waktu Publish : 20 Jun 2021, 17:28 WIB
Sumber : CGTN
SHARE ARTIKEL

China-Arab States Expo - Image from Xinhua

Beijing, Bolong.id - Qian Keming, wakil menteri perdagangan Tiongkok mengatakan bahwa Tiongkok akan memperluas kerja sama dengan negara-negara Arab di industri yang sedang berkembang seperti ekonomi digital, energi baru, dan kecerdasan buatan. Berita ini ia ungkapkan dalam konferensi pers di Beijing pada Jumat (18/6/2021).

Pada konferensi pers itu, kementerian perdagangan Tiongkok mengumumkan bahwa China-Arab States Expo ke-5 akan diadakan di Yinchuan di Daerah Otonomi Ningxia Hui Tiongkok barat laut pada 19-22 Agustus. Expo ini akan berfokus pada pendalaman kerja sama ekonomi dan perdagangan di era pasca-COVID 19.

Kedua belah pihak akan memperkuat kerja sama anti-pandemi, termasuk pengadaan perbekalan kesehatan, investasi di bidang medis dan kesehatan, serta produksi bersama vaksin di masa mendatang.

Tiongkok jugs akan meningkatkan kerja sama dengan negara-negara Arab dalam bidang energi terbarukan seperti fotovoltaik, panas matahari dan angin untuk memenuhi target netralitas karbon sambil mengkonsolidasikan kerja sama tradisional dalam minyak dan gas.

Selain itu, kedua belah pihak akan membuka kerja sama baru di sektor teknologi tinggi dan ekonomi digital serta mempromosikan kerja sama inovatif dalam komunikasi 5G dan e-commerce.

Mereka juga akan mengambil langkah-langkah untuk memfasilitasi perdagangan dan investasi bilateral serta bersama-sama menjaga perdagangan bebas dan sistem perdagangan multilateral.

Dengan latar belakang pandemi COVID-19, kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Tiongkok dan negara-negara Arab telah menunjukkan ketahanan, dengan nilai perdagangan bilateral mencapai $239,8 miliar tahun
lalu.

Tiongkok sekarang menjadi mitra dagang terbesar bagi negara-negara Arab dan pengekspor utama peralatan elektromekanis serta produk teknologi tinggi. Ekspor Tiongkok menyumbang 67,4 persen dari total ekspor di negara-negara tersebut pada tahun 2020.

Diresmikan pada tahun 2013, China-Arab States Expo telah menjadi wadah pertukaran untuk kerja sama bilateral di bidang ekonomi dan perdagangan, sains dan teknologi, serta perawatan medis.

Sementara itu, KTT bisnis yang berlangsung selama Expo akan berbicara tentang ekonomi digital, puncak karbon dan transformasi struktural dalam investasi energi, serta upaya untuk memperluas dan memperdalam kerja sama bilateral. Dikatakan pula oleh Lai Jiao, wakil ketua Pemerintah Rakyat Ningxia, pusat transfer teknologi Tiongkok-Qatar dan pusat transfer teknologi negara-negara Tiongkok-Arab akan dibangun. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

Heboh, Pria Tibet Dihukum Mati karena Membakar Mantan Istrin...

  • Lupita
  • 16 Oct 2021

news

POTRET: Budaya Global Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di...

  • Lupita
  • 16 Oct 2021

lifestyle

Hotel Bertema e-Sports yang Menjadi Favorit Baru Anak Muda C...

  • Lupita
  • 16 Oct 2021

culture

Festival Wisata Internasional Tiga Ngarai China Ke-12 Dimula...

  • Djono W. Oesman
  • 16 Oct 2021

news

Kerja IT di China Gaji Rp655 Juta per Tahun, Xiao Li Pindah ...

  • Lupita
  • 16 Oct 2021

culture

Belajar Mandarin: 10 Jenis Telur Hewan

  • Lupita
  • 16 Oct 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong