Baca dalam 2 menit

Per Oktober 2021 Bisa Bepergian Tanpa Aplikasi PeduliLindungi?

Waktu Publish : 27 Sep 2021, 14:55 WIB
SHARE ARTIKEL

Aplikasi PeduliLindungi - Image from Dari berbagai sumber. Segala keluhan terkait hak cipta silahkan hubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Terhitung mulai Oktober 2021, masyarakat yang bepergian menggunakan kereta api dan pesawat terbang dapat melakukan perjalanan tanpa menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Pasalnya, Kementerian Kesehatan akkan memberikan sejumlah opsi bagi masyarakat untuk melenggang tanpa perlu menggunakan aplikasi keluaran pemerintah itu.

Disebutkan bahwa lahirnya opsi ini berangkat dari kekhawatiran sejumlah masyarakat yang mengalami kesulitan mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Baik itu karena tak memiliki ponsel pintar, maupun kapasitas ponsel mereka sendiri yang tidak mumpuni.

Adapun opsi yang dimaksud adalah melalui berkolaborasi dengan sejumlah aplikasi lain yang sudah banyak dipakai oleh masyarakat, seperti Gojek, Grab, Traveloka, Tokopedia, Tiket.com, Jaki, LinkAja, dan lainya. Dengan adanya integrasi antar sesama aplikasi, maka masyarakat tak perlu lagi menggunakan PeduliLindungi.

"Ini menjawab kalau ada orang yang punya handphone terus enggak mau instal PeduliLindungi, nah bisa menggunakan
ini," kata Chief Digital Tranformation Office Kementerian Kesehatan Setiaji dalam sebuah diskusi, seperti dikutip, Senin (27/9/2021).

Setiaji mengatakan, status tes antigen, tes swab PCR, maupun sertifikat vaksin sejatinya tetap bisa teridentifikasi melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK) saat membeli tiket.

Saat membeli tiket kereta misalnya, validasi sudah bisa dilakukan saat membeli tiket. Sementara saat naik pesawat, validasi bisa dilakukan melalui pengecekan NIK di bandara dan akan muncul status bila layak bepergian atau tidak.

"Kalau naik kereta api, itu sudah tervalidasi pada saat pesan tiket. Sehingga tanpa menggunakan handphone pun itu bisa diidentifikasi bahwa yang bersangkutan sudah memiliki vaksin dan ada hasil tesnya," jelasnya.(*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

PeduliLindungi Akui Sertifikat Vaksin di Luar Negeri, Beriku...

  • Lupita
  • 16 Sep 2021

news

Luhut: Ribuan Orang Positif COVID-19 Berkeliaran Tanpa Isola...

  • Lupita
  • 07 Sep 2021

health

Jangan Lupa, Ini Dia Cara Mudah Unduh Sertifikat Vaksin di P...

  • Lupita
  • 06 Jul 2021

news

Cara Cek Daftar Penerima Vaksin COVID-19 di PeduliLindungi.i...

  • Lupita
  • 02 Jan 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong