Baca dalam 4 menit

Teknologi Kuantum China Mewujudkan Aplikasi Canggih Untuk Sektor Industri

Waktu Publish : 20 Sep 2021, 10:26 WIB
Sumber : CGTN
SHARE ARTIKEL

Pekerja mengecek alat komunikasi kuantum - Image from CFP

Bolong.id - Berdiri setinggi satu meter dan berat di bawah 100 kilogram, stasiun bumi satelit kuantum mini menarik perhatian pengunjung pada Konferensi Industri Quantum 2021 di Hefei, ibu kota Provinsi Anhui, Tiongkok timur pada hari Sabtu (18/9/2021).

"Stasiun bumi semacam itu ringan dan portabel dan dapat dipasang dalam waktu 12 jam, memungkinkan pengguna di daerah terpencil untuk menggunakan komunikasi kuantum dengan nyaman," kata Zhou Lei, direktur proyek kuantum di QuantumCTek Co., Ltd., perusahaan kuantum terkemuka yang berbasis di Anhui.

Dilansir dari CGTN pada Minggu (19/9/2021), perusahaan juga menampilkan peralatan distribusi kunci kuantum seukuran laptop, yang dapat sangat mengurangi biaya pembangunan dan pemeliharaan jaringan kuantum.

Dalam beberapa tahun terakhir, Tiongkok telah mencapai serangkaian terobosan dalam teknologi kuantum, termasuk satelit kuantum pertama di dunia, jalur komunikasi kuantum sepanjang 2.000 kilometer antara Beijing dan Shanghai, dan prototipe mesin quantum computing optik pertama di dunia.

"Dengan partisipasi aktif dari perusahaan terkemuka dan bimbingan pemerintah, rantai industri yang mencakup peralatan, jaringan, keamanan, dan standar komunikasi kuantum pada dasarnya telah terbentuk di Tiongkok," kata Pan Jianwei, ilmuwan kuantum terkenal dari University of Sains dan Teknologi Tiongkok, pada konferensi tersebut.

Hefei, pusat teknologi kuantum Tiongkok, adalah rumah bagi lebih dari 20 perusahaan teknologi kuantum dan mencapai nilai output sekitar 430 juta yuan (sekitar $66,5 juta) pada tahun 2020.

"Teknologi informasi kuantum akan lebih terintegrasi, nyaman dan berbiaya rendah, memungkinkan lebih banyak orang untuk memiliki akses ke sana," kata Zhou dari QuantumCTek.

China Telecom Quantum Technology Co., Ltd. telah mencoba panggilan enkripsi kuantum di 15 provinsi sejak Juni dan telah mengumpulkan sekitar 10.000 pengguna, kata Wang Jian, manajer departemen penelitian dan pengembangan perusahaan.

"Pengguna dapat memiliki panggilan dan pesan aman yang dienkripsi dengan kunci kuantum setelah memasukkan kartu SIM dan menginstal aplikasi terkait, yang dapat memastikan keamanan informasi," kata Wang.

Selain komunikasi kuantum, pengukuran presisi kuantum dan quantum computing juga telah melihat terobosan besar dalam aplikasi industri.

Diproduksi oleh CIQTEK Co., Ltd., instrumen pengukuran presisi kuantum yang disebut mikroskop kekuatan atom berlian kuantum dapat mencapai resolusi spasial tinggi skala nano dan sensitivitas deteksi ultra-tinggi putaran tunggal, yang telah diterapkan untuk mempelajari bahan magnetik dan superkonduktor.

"Produk kami telah digunakan di berbagai bidang termasuk eksplorasi minyak, ilmu hayati, dan jaringan listrik. Sejak didirikannya perusahaan kami lima tahun lalu, nilai output hampir dua kali lipat setiap tahun, dan pendapatannya lebih dari 100 juta yuan tahun lalu," kata He Yu, presiden CIQTEK, produsen dan penyedia produk pengukuran presisi kuantum.

Origin Quantum, sebuah perusahaan rintisan yang berfokus pada komputer kuantum dan teknologi terkait, meluncurkan OriginQ Cloud, platform layanan full stack quantum computing pada konferensi tersebut, yang dapat memberikan quantum computing, pelatihan simulasi, pengembangan aplikasi kuantum, dan layanan lainnya untuk pengembang dan penggemar quantum computing.

"Banyak dari karya kami adalah penelitian asli, dan kami sedang menjajaki model komersial masa depan untuk menggabungkan quantum computing dengan industri, termasuk keuangan, kedokteran biologi, dan ruang angkasa," kata Zhang Hui, manajer umum Origin Quantum. (*)

Informasi Seputar Tiongkok



Terkait

technology

Huawei Bangun Empat Unit Bisnis Baru

  • Esy Gracia
  • 14 Oct 2021

news

AS Sebut Tak Mampu Lawan Teknologi AI China

  • Visco Joostensz
  • 14 Oct 2021

technology

Barisan Robot Kostum Opera Peking Menari di Taizhou

  • Lupita
  • 13 Oct 2021

culture

SEJARAH: 2000 Konferensi Sains dan Teknologi Teknik Internas...

  • Lupita
  • 11 Oct 2021

news

Beijing Sediakan Lebih dari 1000 KM Jalan Untuk Uji Coba Ken...

  • Lupita
  • 10 Oct 2021

culture

SEJARAH: 1989 Peluncuran Kapal Pesiar Selam Pertama di China

  • Lupita
  • 09 Oct 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong