Baca dalam 5 menit

Menang 3-0! Ini Rekap Pertandingan Indonesia VS Malaysia di Thomas Cup

Waktu Publish : 17 Oct 2021, 07:56 WIB
SHARE ARTIKEL

Pasangan Ganda Putra Indonesia Marcus Gideon/ Kevin Sanjaya - Image from Dari berbagai sumber. Segala keluhan terkait hak cipta silahkan hubungi kami

Aarhus, Bolong.id - Hasil Piala Thomas 2021 antara Indonesia vs Malaysia pada Jumat (15/10/2021) berakhir dengan skor 3-0. Kemenangan di Court 2 Ceres Arena, Aarhus, Denmark ini memastikan Merah-Putih lolos ke semifinal Thomas Cup.

Kemenangan Indonesia ini berhasil didapatkan dari Anthony Ginting, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya, dan Jonatan Christie. Karena sudah menang 3-0 dalam 3 partai awal, maka laga keempat antara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Goh Sze Fei/Nur Izzuddin dan laga kelima antara Shesar Hiren Rhustavito vs Leong Jun Hao tidak dibutuhkan lagi.

Pad pertandingan pertama Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting mampu menaklukkan Lee Zii Jia 2 gim langsung. Atlet peringkat 5 BWF itu membutuhkan waktu 51 menit untuk menang 21-15 dan 21-17. Bagi Ginting, ini adalah pembalasan yang tepat usai ditaklukkan Jia di Sudirman Cup 2021 pekan lalu.

Pada awal set pertama, tunggal pertama Indonesia sempat tertinggal hingga 5-6. Namun, setelah itu Ginting mampu menyambar 6 poin beruntun untuk memimpin 11-6 saat interval. Dengan keunggulan masif seperti itu, Anthony Ginting tidak pernah lagi bisa dikejar Lee Zii Jia hingga akhir set pertama.

Paruh kedua, situasi lebih rumit. Jia memberikan perlawanan lebih sengit. Ia bahkan memimpin 9-11 saat interval. Namun, dalam posisi 16-17, Ginting pantang menyerah. Ia mendapatkan 5 poin beruntun yang krusial untuk memenangi laga.

Meneruskan jejak Anthony Ginting, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya juga mampu membalas kekalahan di Piala Sudirman. Kali ini, ganda putra pertama Indonesia itu menaklukkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik dalam permainan rubber game. Pasangan peringkat 1 BWF ini menjalani awal set pertama yang rumit. Namun, setelah mendapakan 3 poin beruntun untuk skor 7-4, Marcus/Kevin nyaman menyelesaikan set.

Pasangan Malaysia peringkat 7 BWF itu mampu membalas pada set kedua. Chia/Soh sempat tertinggal hingga 8-7. Namun, mereka bangkit untuk memimpin saat interval. Momentum berlanjut hingga ganda Malaysia menang 16-21.

Dalam set penentuan, saling berbalas poin terjadi pada menit-menit awal. Bahkan, Marcis/Kevin sempat tertinggal jauh 3-6. Pasangan Indonesia menarik arus permainan ketika meraih 4 poin beruntun untuk skor 7-6. Marcus/Kevin tidak
pernah lagi tertinggal sejak saat itu. Mereka menutup set jadi 21-15 sekaligus mempertajam rekor kemenangan atas Chia/Soh jadi 8-2 dari 10 kali pertemuan.

Keunggulan Indonesia yang sudah 2-0 membuat laga Jonatan Christie lawan Ng Tze Yong jadi krusial. Ng Tze Yong
menunjukkan ketangguhannya sepanjang set pertama. Ia hanya sekali teringgal dari Jonatan dalam posisi 1-0. Setelah membalikkan skor, atlet peringkat 82 BWF itu unjuk ketangguhan. Ia tidak pernah bisa disalip Jojo, lantas memenangi set
perdana dengan skor 14-21.

Jonatan bangkit pada set berikutnya. Giliran ia yang tidak memberikan kesempatan Ng Tze Yong berkembang. Usai unggul 11-6 saat interval, Jojo terus menjaga posisinya. Memang Yong sempat tampil apik dengan merebut 5 angka beruntun dan menipiskan jarak jadi 18-17. Akan tetapi, Jonatan Christie yang berstatus peringkat 7 BWF menutup set ini dengan 21-19.

Di set penentuan, Jonatan sempat berada dalam posisi tertinggal pada awal laga dalam posisi 2-5. Namun, momentum didapatkan menjelang interval. Jojo mendapatkan 3 poin beruntun untuk membalikkan skor jadi 11-9. Kedudukan sempat imbang lagi dalam posisi 14-14, namun Jonatan menunjukkan perbedaan peringkat dari Ng Tze Yong dengan menuntaskan laga jadi 21-16.

Kemenangan Jojo pun menjadi penentu melajunya Indonesia ke babak semifinal. Menang telak dengan skor 3-0, Merah Putih tidak perlu menjalankan partai keempat dan kelima. Indonesia pun siap bertanding melawan Denmark untuk memperebutkan posisi di laga final.(*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong