Baca dalam 3 menit

Prabowo Subianto Menyambut Senjata Perang Ampuh Melawan COVID 19

SHARE ARTIKEL

Prabowo Subianto Menyambut Senjata Perang Ampuh Melawan COVID 19

Pada tanggal 19 Maret 2020 lalu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengutus Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto untuk menjemput alat kesehatan dari Shanghai guna menanggulangi COVID 19 di Indonesia. Menanggapi surat permohonan tersebut, TNI AU memberangkatkan pesawat C130 Hercules pada Sabtu, 21 Maret 2020 kemarin. Hari ini ini, Bapak Prabowo Subianto bersama dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto telah menyambut datangnya bantuan yang diberikan oleh Tiongkok kepada Indonesia, tepatnya di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin (23/03/2020).

Kru pesawat dipimpin oleh Dan Skadron Udara 32, Letkol Pnb Suryo Anggoro, berjumlah 18 orang dengan tambahan personel Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Dispenau) sebanyak 3 orang, serta 2 orang perwakilan dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Total terdapat 23 orang tim gabungan yang berangkat menuju Shanghai dari Lapangan Udara Abdulrachman Saleh tempo hari pukul 06.55 WIB. 

Alat kesehatan diperkirakan seberat 9 ton, berupa masker sekali pakai, masker N95, pakaian pelindung, kaca mata pelindung, termometer inframerah, dan sarung tangan. Setelah penjemputan, kru pesawat akan menempuh perjalanan kurang lebih selama 17 jam hingga kembali ke Indonesia.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menyebutkan bahwa pemerintahan Indonesia menargetkan untuk menyediakan 3 juta masker yang akan didistribusikan kepada masyarakat pada akhir bulan ini. Sebuah perusahaan Tiongkok yang terletak di Kendari, Sulawesi Tenggara juga bekerja sama dengan Yizhong Group dan Xiamen Xiangyu Group dari Tiongkok untuk mendonasikan beras, mie instan, dan bahan pangan lainnya kepada 5.000 penduduk di sekitar area pabrik, dan 12.000 karyawan Indonesia, serta mengumumkan akan mendonasikan 1,7 juta masker medis dan alat pelindung diri lainnya untuk membantu penanganan COVID 19 di Indonesia. 

Semakin hari, jumlah pasien terinfeksi COVID 19 di Indonesia semakin melonjak tinggi. Per 23 Maret pukul 12.00, sudah terdapat 579 orang dilaporkan positif COVID 19, dengan jumlah korban jiwa sebanyak 49 orang. Dengan datangnya alat kesehatan ini, akan membantu tenaga kesehatan Indonesia yang saat ini berada di garda depan melawan COVID 19. Kita juga dapat memberikan kontribusi, agar dapat meringankan beban mereka, dengan menerapkan social-distancing dan menghindari keluar rumah apabila tidak ada keperluan mendesak.


Penulis: Aisyah Hidayatullah

Chief Editor: Edwin Adriaansz

Terkait

berita

Prabowo Subianto Menyambut Senjata Perang Ampuh Mela

  • Bolong team
  • 23 Mar 2020
Logo follow bolong