Lama Baca 2 Menit

Peta Sebaran Muslim di China

02 May 2022, 17:37 WIB

Peta Sebaran Muslim di China-Image-1

peta sebaran islam di china - Image from berbagai sumber. Segala keluhan terkait hak cipta silahkan hubungi kami

Beijing, Bolong.id – Agama Islam masuk Tiongkok pada Dinasti Tang (pertama 618–690 kedua 705–907). Atau sekitar 1.200 tahun lalu. Dibawa pedagang Arab yang melewati Jalur Sutera di daratan Tiongkok.

Sedangkan, di Indonesia agama Islam masuk sekitar abad ke-13. Dibawa para pedagang asal Persia yang singgah di Gujarat, sebelum sampai ke Nusantara.

Dilansir dari 这么看有梨 pada (2/5/2022) warga Muslim Tiongkok kebanyakan tinggal di bagian barat laut Tiongkok. Populasi Muslim di Henan, Beijing, dan Tianjin, Tiongkok tengah diperkirakan lebih dari 1 persen.

Tempat-tempat dengan penyebaran Muslim paling sedikit adalah Guangdong, Zhejiang, Chongqing, Guangxi, Jiangxi dan tempat-tempat lain, dan proporsi keseluruhan Muslim kurang dari 0,1%.

Muslim di Tiongkok tergolong agama minoritas. Namun pemerintah Tiongkok memberi kebebasan warganya memeluk aneka agama. Terbukti, banyak masjid, dan Muslim mlelaksanakan ibadah, tanpa hambatan.

Bagi pemerintah Tiongkok, agama adalah urusan individu. Dilarang dibawa ke ranah publik. Misalnya, mempengaruhi, apalagi memaksakan kehendak antar individu. 

Itu sebabnya, agama di Tiongkok tidak pernah jadi masalah. (*)