Baca dalam 3 menit

5 Film Terbaik Bintang Bela Diri, Jet Li di Era 90-an

SHARE ARTIKEL

Jet Li - Image from kontan.co.id

Jakarta, Bolong.id - Jet Li (李连杰), lahir di Beijing, Tiongkok, 26 April 1963 merupakan seorang aktor, produser film, seniman beladiri Tiongkok, dan juara wushu. Ia kelahiran Beijing, RRT yang mulai berkarier di dunia film sejak tahun 1982.

Sebagai salah satu bintang film seni bela diri terbesar sepanjang masa, Jet Li telah membintangi puluhan film di Asia maupun Hollywood.

Dilansir dari IDN Times, berikut adalah lima film terbaik dari Jet Li pada era 90-an dan awal 2000-an.

1. Once Upon a Time in China/黄飞鸿 (1991)


Once Upon a Time in China - Image from oaklandfilmclub.com

Meskipun film pertama Jet Li adalah Shaolin Temple pada tahun 1982, namun peran utama pertamanya adalah di film Once Upon a Time in China. Li sebagai pahlawan rakyat Tiongkok, Wong Fei Hung. Film ini menghasilkan lima sekuel, meskipun Li hanya membintangi film ini pada tahun 1992 di Once Upon a Time in China II, 1993 Once Upon a Time in China III dan 1997 Once Upon a Time in China and America.

2. The Legend of the Swordsman/Swordsman II/笑傲江湖之东方不敗 (1992)

swordsman ii - Image from google docs

Jet Li tidak muncul dalam film The Swordsman pada tahun 1990, sekuelnya sebenarnya dirilis di AS dengan judul The Legend of the Swordsman. Ini adalah film terlaris Li di box office Hong Kong dan terkenal karena keahliannya dalam hal bela diri.

3. Tai Chi Master/Twin Warriors/太极张三丰 (1993)

tai Chi Master - Image from opuszine.us

Film ini juga dirilis di AS dengan judul Twin Warriors. Pada film Tai Chi Master Li ikut membintangi film ini bersama Michelle Yeoh. Keduanya bermain bersama lagi di The Mummy 2008: Tomb of the Dragon Emperor.

4. Fong Sai Yuk/The Legend/方世玉 (1993)

Fong Sai Yuk - Image from scmp

Film tentang tim ibu-anak jarang ada dalam film seni bela diri, tetapi dalam film ini Li bersama ibunya, yang diperankan oleh Josephine Siao melakukan kerjasama tim yang hebat. Hanya empat bulan kemudian, sekuel yang juga dibintangi Li dan Siao, Fong Sai-yuk II dirilis.

5. Fist of Legend/精武英雄 (1994)

Fist of Legend - Image from opuszine.us

Dianggap oleh sebagian besar sebagai film terbaik Li. Fist of Legend penuh dengan koreografi dan adegan pertarungan yang sebagian besar menggunakan tangan kosong, termasuk pertarungan antara Li dan Yasuaki Kurata dan Billy Chow. Banyak yang percaya bahwa Wachowskis sangat dipengaruhi oleh film ini saat membuat The Matrix. (*)

Terkait

culture

Film Mulan Gratis untuk Pelanggan Disney, Mulai Dese

  • Della Shafira Putri
  • 05 Sep 2020

Entertainment

5 Film Terbaik Bintang Bela Diri, Jet Li di Era 90-a

  • Lupita
  • 05 Jan 2021
Logo follow bolong