Baca dalam 3 menit

6 Prinsip Kerja Orang China Ini Patut Dicontoh

SHARE ARTIKEL

Kerja - Image from actconsulting.co

Jakarta, Bolong.id - Fakta, banyak konglomerat di Tanah Air yang memiliki darah Tiongkok. Keahlian mereka berbisnis sudah diturunkan sejak nenek moyang dan sudah terbentuk dari sananya.

Sesungguhnya, yang membuat mereka bisa sukses, terutama di bidang bisnis tidak lain dikarenakan prinsip dan etos kerja mereka yang terbentuk dan ditanamkan sejak kecil.

Dilansir Finansialku, berikut prinsip kerja orang Tiongkok yang bisa kita pelajari.

1. Punya Mimpi Selangit

Bermimpi tinggi sudah menjadi prinsip kerja orang-orang Tiongkok yang membuat mereka tidak takut saat menghadapi tantangan di dunia kerja yang seringkali membuat stres.

Mereka tidak takut untuk menjalankan sebuah bisnis baru yang mereka belum pernah jalankan sebelumnya. Mereka selalu berusaha keras untuk mencari jalan agar bisnis yang mereka rintis dapat berjalan dan berkembang hingga menjadi bisnis yang besar.

2. Kerja Keras & Tidak Malas

Sejak sang surya belum terbangun dari tidurnya, orang Tiongkok yang memiliki etos kerja keras tinggi malah sudah memulai pekerjaan mereka.

Getol dan terus bekerja, itulah salah satu prinsip kerja orang Tiongkok yang menghantarkan mereka ke depan pintu gerbang kesuksesan. Sekecil apapun pekerjaan yang mereka harus lakukan, mereka akan kerjakan dengan benar dan tidak menyisihkannya untuk dikerjakan di lain waktu.

3. Agresif Dalam Berbisnis


Prinsip kerja orang Tiongkok berikutnya adalah agresif dalam berbisnis. Mereka dikenal sebagai pengusaha yang tak kenal kompromi. Apalagi jika berhubungan dengan usaha yang sedang mereka jalankan.

Dari menentukan kualitas produk yang mereka gunakan, hingga berurusan dengan itung-itungan untung rugi serta bagi hasil. Tak jarang mereka juga tak enggan untuk melakukan tawar-menawar dengan pihak konsumen.

Keagresifan mereka juga nampak melalui sikap tegas saat usaha bisnis mereka terancam. Dalam berbisnis, prinsip orang Tiongkok adalah tidak mencampuradukkan urusan pribadi dengan urusan bisnis.

4. Mengejar Peluang


Orang-orang Tiongkok memiliki anggapan bahwa kesempatan atau peluang itu tidak datang untuk kedua kalinya. Oleh sebab itu, setiap kali ada peluang yang datang, mereka akan berusaha untuk mengejarnya dan tidak akan pernah melepaskannya.

Tidak ada kata berlambat-lambat, peluang akan dikejar sekeras apapun mereka harus berlari. Karena peluang yang terlewatkan, akan sulit untuk didapatkan kembali, itulah sebabnya mereka akan bergegas untuk bisa memanfaatkan peluang yang datang untuk kesuksesan bisnis mereka.

5. Tidak Ada Kata Menyerah

Tidak ada kata kegagalan di kamus mereka, yang ada, adalah pantang menyerah. Jika situasi kurang menguntungkan, mereka akan senantiasa belajar dari kesalahan yang dilakukan dan berusaha untuk mencoba lagi.

Pantang menyerah adalah salah satu prinsip kerja orang Tiongkok yang mereka pegang dengan kuat dan diturunkan turun-temurun kepada anak cucu mereka. Jutaan kegagalan menghadang, namun pantang menyerah tak pernah padam.

6. Gemar Menabung & Hidup Sederhana


Mengenai gaya hidup, prinsip kerja orang Tiongkok pun menganut gaya hidup sederhana dan gemar menabung. Dalam merintis usaha mereka, ada banyak kemungkinan dari usaha bisnis mereka akan gagal. Salah satu strategi mereka adalah dengan hidup sederhana.

Sebisa mungkin untuk berhemat sehingga uang yang mereka dapatkan dari keuntungan usaha dapat mereka kembangkan lagi agar bisnis semakin berkembang. Tidak hanya mengembangkan bisnis yang mereka jalankan. (*)

Terkait

health

Mau Lebih Sehat? Lakukan 9 Kebiasaan Ini Tiap Pagi

  • Della Shafira Putri
  • 31 Jul 2020

culture

9 Hal Tentang Awal Musim Gugur yang Perlu Anda Ketahui

  • Aisyah Hidayatullah
  • 09 Aug 2020

health

Kebiasaan Makan Orang Tiongkok Berubah Selama COVID-19

  • Della Shafira Putri
  • 22 Aug 2020

health

4 Kebiasaan Buruk Ini Dapat Memunculkan Kerutan di Wajah And...

  • Della Shafira Putri
  • 10 Sep 2020

health

Bagaimana Menumbuhkan Kebiasaan Makan yang Baik untuk Bayi?

  • Aisyah Hidayatullah
  • 20 Sep 2020

culture

Kepopuleran Mie Ulang Tahun di Hari Nasional China

  • Maureen
  • 10 Oct 2020
Logo follow bolong