Baca dalam 3 menit

Presiden China Xi Jinping dan Kerja Sama Vaksin Global

Waktu Publish : 15 Jan 2021, 17:49 WIB
SHARE ARTIKEL

Xi Jinping - Image from wowkeren.com

Beijing, Bolong.id - Dari berjanji untuk menjadikan vaksinnya sebagai barang publik global hingga bergabung dengan fasilitas COVAX yang didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia, Tiongkok telah aktif dalam mempromosikan kerja sama vaksin global yang diadvokasi oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Sejak merebaknya pandemi COVID-19, Xi telah terlibat dalam "diplomasi cloud" intensif, termasuk menghadiri atau memimpin pertemuan virtual dan melakukan panggilan telepon dengan para pemimpin asing dan kepala organisasi internasional, untuk memberikan kontribusi Tiongkok pada penelitian, pengembangan, dan distribusi  vaksin COVID-19.

Dilansir dari Xinhuanet, berikut adalah beberapa sorotan dari sambutannya.

Selama percakapan teleponnya dengan Kanselir Jerman Angela Merkel pada November 2020, Xi mengatakan Tiongkok siap untuk memperkuat pertukaran dan kerja sama dengan Jerman terkait vaksin COVID-19 dan mendorong agar vaksin didistribusikan secara adil sebagai barang publik global, terutama untuk kepentingan masyarakat negara berkembang.

Berbicara pada KTT BRICS ke-12 pada bulan November yang juga mengumpulkan para pemimpin dari Rusia, India, Afrika Selatan dan Brasil, Xi mengatakan Tiongkok telah menunjuk pusat Litbang vaksin nasionalnya sendiri dan akan bekerja dengan negara-negara BRICS lainnya baik online maupun offline untuk memajukan penelitian vaksin kolektif dan uji coba, mendirikan pabrik, mengotorisasi produksi dan mengenali standar satu sama lain.

Pada debat umum sidang ke-75 Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada September lalu, Xi mengatakan saat ini, beberapa vaksin COVID-19 yang dikembangkan Tiongkoksedang dalam uji klinis Fase III. Ketika pengembangannya selesai dan tersedia untuk digunakan, vaksin akan diberikan ke negara berkembang lainnya berdasarkan prioritas.

Selama KTT Luar Biasa Tiongkok-Afrika tentang Solidaritas melawan COVID-19 pada bulan Juni, Xi berkata, "Kami berjanji bahwa setelah pengembangan dan penyebaran vaksin COVID-19 selesai di Tiongkok, negara-negara Afrika akan menjadi yang pertama diuntungkan."

Ketika berbicara tentang pembukaan sesi ke-73 Majelis Kesehatan Dunia pada bulan Mei, Xi mengatakan pengembangan dan penyebaran vaksin COVID-19 di Tiongkok, jika tersedia, akan dijadikan barang publik global, yang akan menjadi kontribusi Tiongkok  untuk memastikan aksesibilitas dan keterjangkauan vaksin di negara berkembang. (*)

Terkait

news

Xi Jinping Mengusulkan Hal Hebat Dalam KTT Khusus G20

  • Edwin Adriaansz
  • 28 Mar 2020

news

Presiden Xi Jinping Teleponan Dengan Presiden AS Donald Trum...

  • Edwin Adriaansz
  • 28 Mar 2020

news

Perbincangan Telepon Dari Hati ke Hati Antara Presiden Jokow...

  • Edwin Adriaansz
  • 02 Apr 2020

news

Xi Jinping Membalas Surat dari Pekerja Komunitas yang Melawa...

  • Nabila Caya
  • 09 Apr 2020

news

Xi Jinping Melakukan Pengawasan Terhadap Keselamatan di Temp...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 12 Apr 2020

news

Para Pemimpin Tiongkok dan Indonesia Bertukar Ucapan Selamat...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 13 Apr 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong