Baca dalam 3 menit

Sejarah: Perang Saudara Tiongkok (国共内战) Sepakat Dihentikan

SHARE ARTIKEL

Perang saudara Tiongkok - Image from sinaimg.cn

Beijing, Bolong.id - Hari ini, 75 tahun yang lalu, 5 Januari 1946, KMT dan Partai Komunis mencapai "Kesepakatan Penghentian Konflik Militer Internal".

Perwakilan pemerintah Zhang Qun, Wang Shijie, Shao Lizi, dan perwakilan Partai Komunis China Zhou Enlai, Dong Biwu, Wang Ruofei, dan Ye Jianying. 

Setelah beberapa kali berdiskusi dan bertukar pandangan tentang menghentikan konflik militer dan memulihkan masalah lalu lintas, mereka mencapai kesepakatan konsensus pada tanggal 5 Januari. Perintah konflik militer telah dikeluarkan.

Perang Saudara Tiongkok (国共内战; Guó-Gòng Nèizhàn) adalah perang sipil di Tiongkok dengan pertempuran antara pasukan yang loyal kepada pemerintah Republik Tiongkok pimpinan Kuomintang (KMT), dan pasukan yang loyal kepada Partai Komunis Tiongkok (PKT).

Perang ini merepresentasikan perpecahan ideologis antara pihak Komunis PKT dan KMT yang mengusung Nasionalisme, yang berlangsung terputus-putus sampai akhir tahun 1937, ketika kedua belah pihak bersatu untuk membentuk Front Persatuan Kedua untuk melawan invasi Jepang dan mencegah Jepang memperluas invasi yang sudah masuk sebelumnya ke Manchuria pada tahun 1931. (*)

Terkait

international

Taiwan Minta Bantuan AS, Ketegangan dengan China Men

  • Isna Fauziah
  • 07 Oct 2020

News

89 Tahun Lalu, "Pearl Bridge Massacre" Nanjing, Demo

  • Isna Fauziah
  • 17 Dec 2020

Culture

Sejarah: Perang Saudara Tiongkok (国共内战) Sepakat Dihe

  • Lupita
  • 05 Jan 2021
Logo follow bolong