Baca dalam 4 menit

China Gunakan Segel Sejak Ribuan Tahun Silam

Waktu Publish : 13 Oct 2021, 13:40 WIB
Sumber : 文史号
SHARE ARTIKEL

Segel Tiongkok - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Teknologi segel, sudah digunakan di Tiongkok sejak ribuan tahun silam. Maka, segel bukan hanya alat bukti hukum, atau bentuk motif unik, melainkan juga identitas budaya.

Dilansir dari 文史号, segel Tiongkok (印章 yìnzhāng) adalah segel atau stempel, yang digunakan untuk menandai dokumen penting, karya seni, kontrak, atau barang lain apa pun yang memerlukan keabsahan tanda tangan.

Biasanya, segel diukir pada batu, tetapi juga dapat dibuat dari kayu, bambu, tulang, atau keramik. Ketika segel digunakan, mereka dicelupkan ke dalam tinta merah atau pasta cinnabar.

Segel pertama kali dibuat pada 221 SM. Setelah kaisar pertama Tiongkok, Qin Shi Huang, menaklukkan enam Negara Berperang dan menyatukan Tiongkok, ia memerintahkan segel kekaisaran pertamanya untuk diukir menggunakan batu giok putih yang indah.

Segel kekaisaran disebut "Xi" dan hanya digunakan oleh mereka yang berkuasa.

Kaisar yang mengikutinya menggunakan segel kekaisaran, tetapi jumlah segel berubah tergantung pada dinasti dan siapa yang berkuasa.

Tidak sampai dinasti Ming (1368-1644) dan Qing (1644-1912) penggunaan segel berpindah dari kekaisaran ke pribadi, karena perluasan seni feodal. Seniman mulai menggunakan ukiran segel bergaya nama mereka untuk menandai kepemilikan karya mereka. Individu juga mulai menggunakan segel pribadi untuk dokumen penting. Perangko tidak resmi ini disebut "Yin".

Ukiran pada permukaan segel dapat mengikuti beberapa gaya kaligrafi, yang dengan susah payah dikembangkan oleh para ahli pengukir. Ukiran umum termasuk karakter Tiongkok, lanskap, gambar, burung, atau bunga.

Segel dapat diukir dengan salah satu dari dua cara: bahan diukir dari karakter, meninggalkan garis tinta merah saat digunakan di atas kertas, atau karakter diukir ke bahan, meninggalkan karakter putih di tengah latar belakang merah.

Segel dapat memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Ada empat bagian segel: pegangan atau pegangan, badan atau platform, sisi, dan muka. Ukiran dapat dilakukan pada bagian pegangan segel atau pada seluruh segel.

Saat ini, segel digunakan secara luas di seluruh Tiongkok untuk menandai dokumen penting. Segel sering disertai dengan tanda tangan sebagai bentuk identifikasi yang lebih aman. Karya kaligrafi Tiongkok dan lukisan masih ditandai dengan segel pribadi.

Kebanyakan orang Tiongkok memiliki segel nama pribadi. Seniman dan cendekiawan akan sering mengumpulkan set lengkap segel nama.

Segel berukir sangat penting bagi pebisnis untuk membuktikan keandalan bisnis mereka dan menunjukkan kepatuhan pada identitas mereka.

Saat ini, bersama dengan kaligrafi, lukisan, dan pencetakan lilin, ukiran segel dianggap sebagai seni tradisional Tiongkok.

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong