Baca dalam 3 menit

Sejarah Panjang Kue Bulan, Kue Asal China yang Paling Ikonik

Waktu Publish : 22 Sep 2021, 11:03 WIB
SHARE ARTIKEL

Kue Bulan - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Jika membahas kue buatan Tiongkok, tentunya yang langsung teringat di benak kita semua adalah kue bulan. Kue yang selalu disajikan selama perayaan Tiongkok ini juga memiliki sejarah yang panjang loh.

Dilansir dari Foodicles.com, kue bulan adalah kue manis dan padat yang diisi dengan pasta kacang merah, wijen, atau biji teratai. Beberapa variasi regional menampilkan isian yang gurih.

Banyak berisi kuning telur bebek asin utuh yang mewakili bulan purnama, sementara pola rumit di bagian atas kue melambangkan keberuntungan, umur panjang, dan harmoni.

Sudah menjadi kebiasaan untuk memakan kue bulan untuk Festival Pertengahan Musim Gugur yang menghormati panen tahunan dalam hubungannya dengan kalender lunar. Festival Pertengahan Musim Gugur adalah festival Tiongkok terpenting kedua setelah tahun baru Imlek.

Dikutip dari Travel China Guide, sejarah kue bulan sudah ada selama 3.000 tahun di Tiongkok. Diketahui bahwa pendahulu kue bulan adalah kue Taishi pada Dinasti Shang (abad ke-17 SM - 1046 SM) dan Dinasti Zhou (abad ke-17 SM - 256 SM). Konon kebiasaan makan kue bulan di Festival Pertengahan Musim Gugur sendiri dimulai pada Dinasti Tang (618 – 907 M).

Pada Dinasti Yuan, kue bulan mempunyai sejarahnya sendiri yang unik. Pada akhir Dinasti Yuan, orang tidak tahan dengan aturan istana yang kejam.

Zhu Yuanzhang, pendiri Dinasti Ming, menyatukan berbagai kekuatan perlawanan untuk mempersiapkan pemberontakan. Tetapi sulit untuk menyebarkan pesan militer secara diam-diam.

Liu Bowen, bawahan Zhu Yuanzhang, muncul dengan ide yang menempatkan catatan bertuliskan "Pemberontakan pada malam ke-15 bulan lunar ke-8" ke dalam kue bulan, dan kemudian mengirimkannya ke pasukan perlawanan lainnya.

Pada hari pemberontakan, pasukan pemberontak dari berbagai tempat berkumpul dan melawan pasukan Yuan. Setelah pemberontakan berhasil, Zhu Yuanzhang pun mempersembahkan kue bulan kepada para menteri sebagai hadiah.

Konon sejak saat itulah kebiasaan makan kue bulan di Festival Pertengahan Musim Gugur terbentuk. Ini adalah peristiwa penting dalam sejarah kue bulan.

Dalam beberapa tahun terakhir, kue bulan menjadi semakin rumit, dan ada kue bulan yang sangat mahal. Sebagai hadiah, beberapa kue bulan dikemas dengan mewah, dan sekotak kue bulan dapat mencapai beberapa ribu atau bahkan puluhan ribu yuan. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

culture

Dipotong atau Digigit? Bagaimana Cara Makan Kue Bulan?

  • Lupita
  • 19 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong