Baca dalam 4 menit

Tak Kalah Lezat dari Kue Bulan, Ini Berbagai Makanan yang Disajikan Saat Festival Musim Gugur

Waktu Publish : 21 Sep 2021, 10:23 WIB
Sumber : CGTN
SHARE ARTIKEL

Anggur Osmanthus - Image from VCG

Bolong.id - Menjelang Festival Pertengahan Musim Gugur, orang-orang di seluruh negeri menantikan untuk berkumpul kembali dengan keluarga dan teman-teman mereka di festival tradisional ini.

Dilansir dari CGTN pada Senin (20/9/2021), selain kue bulan yang paling ikonik, orang-orang juga akan menikmati kue osmanthus, kepiting, delima, anggur osmanthus, dan makanan lezat lainnya bersama-sama, yang semuanya menyampaikan makna keberuntungan dan berkontribusi pada makna budaya festival yang kaya.

Kue bulan, produk bakery memiliki berbagai isian yang kaya, termasuk kuning telur, nanas, durian, cokelat, teh hijau, dan krim keju. Bentuk bulat dari kue bulan tidak hanya melambangkan bulan tetapi juga kelengkapan, pemenuhan, dan kesempurnaan.

Hidangan perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur

Bunga Osmanthus mekar di sekitar Festival Pertengahan Musim Gugur dan memiliki aroma yang melekat, banyak hidangan meriah menggunakannya sebagai bahan.

Saat Anda memadukan bunga Osmanthus, anggur beras murni, dan gula, mengemas anggur, lalu membiarkannya di tempat teduh selama dua bulan, Anda dapat menikmati secangkir anggur osmanthus beraroma manis. Kue Osmanthus adalah kelezatan lain yang menggunakan bunga musiman ini sebagai bahan utama.

Kue Osmanthus - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami


Berasal dari Dinasti Han (202BC -220 M), dipanen sekitar Festival Pertengahan Musim Gugur tahunan, delima adalah salah satu pengorbanan menyembah bulan untuk berdoa, untuk reuni dan keberuntungan. Ini juga salah satu buah yang paling umum di meja selama Festival Pertengahan Musim Gugur.

Kebiasaan makan kepiting di festival juga merupakan tradisi lama di Tiongkok. Ada pepatah lama: "Angin musim gugur, kaki kepiting gatal; Bunga krisan bermekaran dan kemudian kepiting lezat datang," yang menandakan bahwa Festival Pertengahan Musim Gugur adalah waktu terbaik untuk menikmati kepiting.

Dalam bahasa mandarin, "kepiting" berhomofon dengan kata "Xie," yang mengungkapkan arti terima kasih. Jadi mengirim kepiting ke kerabat dan teman sebagai hadiah adalah untuk mengungkapkan rasa terima kasih dan hati orang Tionghoa.

Festival di seluruh dunia

Festival Pertengahan Musim Gugur di Tiongkok berasal dari tradisi pemujaan bulan tua dari zaman kuno, setidaknya memiliki sejarah lebih dari 3.000 tahun. Festival ini telah dimasukkan dalam daftar warisan budaya takbenda nasional pertama Tiongkok pada 20 Mei 2006, dan telah menjadi hari libur resmi sejak 2008.

Tidak hanya di Tiongkok, sejumlah besar emigran Tiongkok yang tinggal di luar negeri juga merayakan festival tersebut untuk mengekspresikan dan menghargai perasaan mereka terhadap rumah dan orang-orang terkasih.

Kepiting - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami


Selain makanan Tiongkok yang disebutkan di atas, para emigran Tiongkok juga memiliki cara yang berbeda untuk merayakan festival di komunitas mereka. Di kota Sydney Australia, pesta koktail tematik diadakan sebagai bagian dari perayaan.

"Pesta itu istimewa, dengan orang-orang lokal dan kami orang Tiongkok berbagi kue bulan, dan rekan-rekan Tiongkok melakukan instruksi tradisional sitar dan urhheen," kata Bian Jun, presiden Kamar Dagang Sydney Shanghai.

Suasana Festival Pertengahan Musim Gugur di seluruh dunia diperkuat setiap tahun, yang mencerminkan tradisi Tiongkok dan pengaruh budaya Tiongkok di seluruh dunia. (*)

Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

Warga Asing Shanghai Berkumpul untuk Festival Pertengahan Mu...

  • Lupita
  • 23 Sep 2021

news

Heboh Kue Bulan Berserakan di Lantai Sekolah, Ada Apa?

  • Visco Joostensz
  • 23 Sep 2021

culture

Sejarah Panjang Kue Bulan, Kue Asal China yang Paling Ikonik

  • Lupita
  • 22 Sep 2021

culture

Dari Lima Kernel Hingga Rendah Gula, Varian Kue Bulan Turut ...

  • Lupita
  • 22 Sep 2021

culture

Simbol Kelinci di Mooncake Festival

  • Djono W. Oesman
  • 21 Sep 2021

lifestyle

Bawa Hoki, 6 Buah Ini Wajib Ada di Festival Pertengahan Musi...

  • Esy Gracia
  • 21 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong