Baca dalam 4 menit

7 Fakta Indahnya Festival Tengah Musim Gugur di China

Waktu Publish : 21 Sep 2021, 09:44 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Festival Pertengahan Musim Gugur terpenting kedua bagi orang Tionghoa setelah Tahun Baru Imlek. Mngapa? Simak berikut ini:

Dilansir dari China Highlights, berikut adalah 7 fakta menakjubkan tentang liburan populer ini.

1. Festival Pertengahan Musim Gugur sering diadakan di akhir musim panas!

Festival Pertengahan Musim Gugur dapat jatuh paling awal pada September 8, yang merupakan akhir musim panas untuk Tiongkok selatan; bahkan belum musim gugur! Tanggal paling lambat jatuh pada 6 Oktober, yang masih dalam awal musim gugur untuk Tiongkok selatan. Jadi mengapa disebut "Pertengahan Musim Gugur"?

Pertengahan Musim Gugur selalu dirayakan pada tanggal 15 bulan 8 penanggalan Imlek, pertengahan bulan lunar 8. Bulan ke 7, 8, dan 9 digolongkan sebagai musim gugur. Jadi sebenarnya ini adalah festival "pertengahan bulan-musim gugur".

2. Festival ini juga disebut "Festival Bulan".

Dalam kepercayaan Tiongkok, bulan purnama berarti 'kebersamaan', sehingga bulan sangat istimewa dalam budaya Tiongkok. Festival Pertengahan Musim Gugur jatuh pada tanggal 15 bulan lunar ke-8 setiap tahun, yang merupakan "hari bulan purnama".

3. Sekotak kue bulan bisa lebih dari 1.000 yuan (2,2 juta rupiah)!

Biaya kue bulan sebenarnya cukup rendah, mis. 4 yuan (sekitar 8,8 ribu rupiah) untuk satu kue bulan. Tetapi paket yang indah dan mewah harganya lebih tinggi. Setiap tahun, hotel berbintang mempromosikan kue bulan mewah yang dibuat khusus, yang terkadang dihargai lebih dari 1.000 yuan (sekitar 2,2 juta rupiah) per kotak (biasanya 6 kue bulan, sekitar 1 kg).

4. Orang Tiongkok membuat kue bulan yang besar — beberapa lebih besar dari jacuzzi!

Setiap tahun, orang Tiongkok akan berusaha membuat kue bulan sebesar mungkin untuk memecahkan rekor.

Kue bulan terbesar dibuat di Shanghai pada tahun 2013. Beratnya sekitar 2.500 kg, dengan diameter sekitar 2,5 meter. Itu jauh lebih besar dari tempat tidur kingsize dan lebih berat dari mobil keluarga.

5. Liburan Festival Pertengahan Musim Gugur selama 3 hari sangat populer — tiket kereta cepat terjual habis.

Akan ada liburan tiga hari selama festival. Orang Tionghoa suka menghabiskan waktu bersama keluarga mereka, atau bepergian ke luar kota dalam perjalanan singkat. Tiket kereta api biasanya cepat habis saat festival berlangsung dan tempat-tempat wisata terkenal biasanya cukup ramai.

6. Festival Pertengahan Musim Gugur pernah menjadi "Hari Valentine" kedua di Tiongkok.

Pada zaman kuno, Festival Pertengahan Musim Gugur adalah "Hari Valentine" Tiongkok lainnya, di samping Festival Ketujuh Ganda (biasanya jatuh pada bulan Agustus). Orang-orang lajang biasa memberi penghormatan kepada "orang tua di bulan" — dewa yang menyatukan orang-orang dalam pernikahan — dan berdoa memohon bantuannya untuk menemukan cinta sejati dan segera menikah.

7. Anak muda Tiongkok suka memberikan angpao sebagai hadiah Pertengahan Musim Gugur menggunakan WeChat.

Dalam adat tradisional, orang biasanya memberikan kue bulan sebagai hadiah. Tetapi pemuda Tiongkok cenderung memberikan "angpao digital" kepada teman atau keluarga melalui telepon mereka. Ini adalah kegiatan terkini untuk merayakan festival.

BACA JUGA

Terkait

news

Warga Asing Shanghai Berkumpul untuk Festival Pertengahan Mu...

  • Lupita
  • 23 Sep 2021

news

Box Office Liburan Pertengahan Musim Gugur China Hampir 500 ...

  • Djono W. Oesman
  • 23 Sep 2021

news

Liburan Mid Autumn, Hampir 35 Juta Penduduk China Lakukan Pe...

  • Visco Joostensz
  • 23 Sep 2021

news

Hampir 90 Juta Orang Liburan Ke Universal Studio Beijing

  • Djono W. Oesman
  • 22 Sep 2021

news

Beijing Kedatangan 2,01 Juta Wisatawan Selama Liburan Musim ...

  • Lupita
  • 22 Sep 2021

culture

Simbol Kelinci di Mooncake Festival

  • Djono W. Oesman
  • 21 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong