Baca dalam 4 menit

Bawa Hoki, 6 Buah Ini Wajib Ada di Festival Pertengahan Musim Gugur!

Waktu Publish : 21 Sep 2021, 10:24 WIB
SHARE ARTIKEL

Kesemek - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Festival Pertengahan Musim Gugur atau Festival Kue Bulan sebentar lagi akan dirayakan oleh rakyat Tiongkok dan komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Di perayaan ini, keluarga seringkali berkumpul dan makan bersama. Namun, tak hanya kue bulan, ada pula buah-buahan yang disiapkan untuk menyambut festival ini karena dipercaya membawa keberuntungan. Ini dia 6 buah yang wajib ada di Festival Pertengahan Musim Gugur menurut 味谷的厨房.

Jeruk Mandarin

Grapefruit - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Musim jeruk bertepatan dengan Festival Pertengahan Musim Gugur. Tak heran, makan jeruk di saat Festival Pertengahan Musim Gugur sudah dilakukan sejak zaman kuno. Jeruk di kala ini pun sangat segar dan enak. Untuk maknaya, karena jeruk berbentuk bulat, buah ini dipercaya melambangkan reuni dan kumpul keluarga. Di sisi lain, rasa jeruk yang manis dan asam membantu pencernaan sehingga sangat cocok dikonsumsi setelah makan malam.


Apel

Apel - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Apel disebut sebagai ‘buah damai’ sejak zaman dahulu karena mengandung berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan. Selain itu, dibandingkan dengan buah lain, apel lebih mudah disimpan. Apel pun seringkali dipajang di atas meja selama Festival Pertengahan Musim Gugur karena tidak hanya cantik, tetapi juga dimaknai sebagai lambang kedamaian, keamanan, dan kesehatan. Tak heran, apel termasuk sebagai buah keberuntungan yang penting.


Buah Naga

Buah naga - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat mengubungi kami

Buah naga memiliki rasa manis dan nyaman untuk dimakan. Selain itu, buah naga berwarna merah cerah sehingga sangat cocok untuk suasana pesta. Buah naga memiliki makna indah ‘api yang makmur’. Tak heran, buah ini dijuluki sebagai "buah rezeki" dan melambangkan memberi harapan baik kepada orang lain dan berkah yang melimpah.

Anggur

Anggur - Image from Bombay Spices

Musim gugur merupakan puncak panen buah anggur. Di musim ini, buah anggur yang dihasilkan segar dan berair, dengan rasanya agak manis dan asam. Buah anggur memiliki bentuk bulat dan rimbun, sehingga dimaknai sebagai kemakmuran dan kelimpahan dalam hidup. Oleh karena itu, makan buah anggur pada Festival Pertengahan Musim Gugur pun dianggap membawa hoki.

Delima

Delima - Image from Big Stock

Festival Pertengahan Musim Gugur juga merupakan musim berlimpahnya buah delima. Buah delima kaya akan vitamin, memiliki rasa manis dan asam, menambah cairan tubuh dan dipercaya dapat meredakan polidipsia sehingga baikuntuk dikonsumsi di musim gugur yang kering. Buah delima yang matang pun penuh dengan bulir-bulir berwarna merah seperti perhiasan. Bulir yang cantik dan bening itu kemudian dianggap melambangkan kemakmuran dan banyak anak.


Kesemek

Kesemek - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Musim gugur adalam musim buah kesemek. Buah yang sangat identik dengan musim gugur itu pun seringkali digantung dengan tali seperti lentera merah. Buah ini bermakna ‘semua berbahagia’ sehingga menjadi salah satu buah keberuntungan yang tak tergantikan.


Informasi Seputar Tiongkok



Terkait

culture

Sejarah Panjang Kue Bulan, Kue Asal China yang Paling Ikonik

  • Lupita
  • 22 Sep 2021

culture

Simbol Kelinci di Mooncake Festival

  • Djono W. Oesman
  • 21 Sep 2021

Culture

Asal Usul Kue Bulan, Perayaan dan Filosofinya

  • Lupita
  • 05 Dec 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong