Baca dalam 5 menit

Dipotong atau Digigit? Bagaimana Cara Makan Kue Bulan?

Waktu Publish : 19 Sep 2021, 11:01 WIB
Sumber : China News
SHARE ARTIKEL

Kue bulan berukuran kecil - Image from China News

Beijing, Bolong.id - Menjelang Festival Pertengahan Musim Gugur, kue bulan telah banyak diperbincangkan. Baru-baru ini, bersama dengan pencarian populer, cara makan kue bulan yang benar juga mencari topik pencarian hangat di tengah warga Tiongkok.

Beberapa orang mengatakan bahwa orang di Tiongkok utara sering makan kue bulan secara langsung, sementara orang di Tiongkok selatan lebih suka memotong kue bulan dan memakannya secara terpisah. Ternyata, kue bulan tidak hanya memiliki sejarah yang panjang, tetapi juga memiliki beragam rasa.

Untuk Festival Pertengahan Musim Gugur, kue bulan adalah makanan musiman yang lezat.

Dilansir dari China News, beberapa orang mengatakan bahwa orang selatan biasanya makan kue bulan dengan cara dipotong-potong, alasannya mungkin karena kue bulan terlalu besar, dan kue bulan utara umumnya kecil, jadi bisa memakannya secara langsung.

Beberapa orang juga mengemukakan pendapat yang berbeda yaitu kue bulan dimakan dipotong atau tidak, tidak ada hubungannya dengan daerah. Kadang-kadang mungkin karena kue bulan mengandung minyak dan gula yang tinggi. Terkadang kue itu terlalu berminyak untuk dimakan langsung, jadi harus dipotong. Makan dengan cara seperti ini juga bisa membaginya dengan orang lain dan mencicipi berbagai macam rasa.

Kue bulan besar yang dipotong-potong - Image from China News

Pakar cerita rakyat Wang Juan menyebutkan bahwa sejak Dinasti Ming, kue bulan ada yang berukuran besar dan ada yang kecil, dan kue bulan yang digunakan dalam pengorbanan biasanya relatif lebih besar.

Setelah pengorbanan, kue bulan besar akan dimakan secara terpisah, jadi harus dipotong, dan kue bulan kecil tidak perlu dipotong.

Tidak hanya cara makan kue bulan, ada juga diskusi tentang rasa kue bulan sebelumnya, seperti kontroversi manis dan asin. Ada sebuah puisi dari Su Shi yang telah tersebar luas, “Kue kecil seperti mengunyah bulan, dengan kerenyahan dan ada sirup di dalamnya.” Menurut pendapat ini, beberapa orang berpikir bahwa kue bulan di Dinasti Song rasanya manis.

Bahkan, menurut legenda, ada semacam kue Taishi selama Dinasti Yin dan Zhou, yang merupakan prototype dari kue bulan. Kue jenis ini memiliki tepi tipis dan bagian tengah tebal tanpa isi, yang sangat berbeda dari kue bulan sekarang.

Wang Juan memperkenalkan bahwa ada banyak kue di Dinasti Tang dan Song, tetapi kebanyakan tidak ada hubungannya dengan kue bulan sekarang, seperti kue sup, yang sebenarnya adalah mie. Hanya di Dinasti Ming istilah “kue bulan" untuk Festival Pertengahan Musim Gugur.

Seiring waktu, kue bulan memiliki lebih banyak rasa. Pada masa Dinasti Ming, pengorbanan bulan pada hari ke lima belas bulan kedelapan kuenya harus bulat. Pada saat ini, kue bulan tidak kecil, memiliki diameter dan dua kaki, dsn disebut kue bulan super.

Rasa kue bulan Dinasti Qing lebih baik, dan teknik produksinya sangat halus, terbuat dari minyak wijen dan tepung, ada juga kue bulan yang terbuat dari mentega.

Orang membuat kue bulan - Image from China News

Selain itu, isian kue bulan Dinasti Qing tidak hanya isian gula, manisan buah, dan jujube, tetapi juga isian manis dan asin dengan wijen, merica, dan garam. Sejak itu, daging segar secara bertahap bergabung dengan jajaran isian kue bulan.

Dibandingkan dengan dulu, bentuk kue bulan kini sudah banyak mengalami perubahan, tidak lagi terbatas pada bentuk bulat dan persegi, bahkan ada kue bulan yang langsung mengadopsi tampilan emoticon.

Dan isian kue bulan beberapa tahun terakhir ini tidak kalah dengan rasa yang eksotis, dari rasa usus babi hingga rasa cokelat pedas, dari isian daun bawang hingga isian udang karang. Meskipun tidak mudah untuk mengatakan berapa banyak orang yang mencoba, itu selalu menarik banyak perhatian.

Namun, diskusi masyarakat tentang cara memakan kue bulan, metode pembuatan, dan adat istiadat masyarakat di Internet mencerminkan pentingnya budaya tradisional dan kenikmatan suasana festival. (*)



Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

Warga Asing Shanghai Berkumpul untuk Festival Pertengahan Mu...

  • Lupita
  • 23 Sep 2021

news

Heboh Kue Bulan Berserakan di Lantai Sekolah, Ada Apa?

  • Visco Joostensz
  • 23 Sep 2021

culture

Sejarah Panjang Kue Bulan, Kue Asal China yang Paling Ikonik

  • Lupita
  • 22 Sep 2021

culture

Dari Lima Kernel Hingga Rendah Gula, Varian Kue Bulan Turut ...

  • Lupita
  • 22 Sep 2021

culture

Simbol Kelinci di Mooncake Festival

  • Djono W. Oesman
  • 21 Sep 2021

lifestyle

Bawa Hoki, 6 Buah Ini Wajib Ada di Festival Pertengahan Musi...

  • Esy Gracia
  • 21 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong