Baca dalam 2 menit

SEJARAH: 1941 Tentara China Merebut Kembali Fuzhou

Waktu Publish : 03 Sep 2021, 09:33 WIB
SHARE ARTIKEL

Tentara Tiongkok saat bertempur lawan tentara Jepang - Image from 历史文化网

Fuzhou, Bolong.id - Pada hari ini 80 tahun yang lalu, pada tanggal 3 September 1941, tentara Tiongkok merebut kembali Fuzhou.

Dilansir dari 查询工具大全, pada tanggal 3 September 1941, tentara Jepang mundur dari Fuzhou di bawah serangan sengit tentara Tiongkok.

Setelah pendudukan Jepang di Fuzhou, berbagai bentuk organisasi massa anti-Jepang di Fuzhou berturut-turut menyerang Jepang, secara efektif bekerja sama dengan serangan balik pasukan Kuomintang yang ditempatkan di Fuzhou. Li Liangrong, Direktur Departemen Pelatihan Tambahan ke-13 KMT, memimpin prajurit resimen peralatan untuk meminta berangkat bertempur.

Pada 19 Agustus, Gu Zhutong, komandan Komando Teater Ketiga, mengirim telegram ke Grup Angkatan Darat ke-25 yang ditempatkan di Fujian untuk melakukan serangan mendadak ke daerah yang diduduki tentara Jepang. Karena kegagalan kampanye Danau Besar sebelumnya, gerilyawan Anti Jepang di Fuzhou, Changle, Lianjiang, Fuqing dan kabupaten lainnya bertempur lagi.

Li Liangrong memimpin serangan ke Tongkou pada 28 Agustus, memaksa tentara Jepang mundur ke Fuzhou pada tanggal 31. Pada saat yang sama, gerilyawan di kabupaten-kabupaten di bawah pimpinan PKC dan garnisun Kuomintang di daerah Fuzhou juga melakukan serangan balik kepada Jepang dari daerah pertahanannya masing-masing, dan akhirnya memaksa pasukan Jepang untuk mundur secara menyeluruh pada tanggal 3 September, dan Fuzhou pun berhasil direbut.(*)


Informasi Seputar Tiongkok




Terkait

culture

SEJARAH: 1986 Pembentukan Tentara Kelompok Lapangan Pertama ...

  • Lupita
  • 11 Sep 2021

news

Tentara China dan Indonesia Bekerja Sama dengan Baik

  • Lupita
  • 29 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong