7 Fakta Yang Harus Diketahui tentang Pengobatan Tradisional China

logo clock 5 Menit logo clock 22-11-2020, 19:29

7 Fakta Yang Harus Diketahui tentang Pengobatan Tradisional China - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Pengobatan tradisional Tiongkok telah bertahan sebagai bentuk pengobatan utama di Tiongkok selama ribuan tahun, meskipun banyak perselisihan tentang penerapannya. Di bawah ini adalah tujuh fakta tentang pengobatan tradisional Tiongkok (TCM) yang menarik untuk diketahui!

1. Pengobatan Tiongkok telah digunakan selama lebih dari 2.100 tahun.

Sebelum terapi medis Barat diperkenalkan ke Tiongkok, pengobatan tradisional Tiongkok telah digunakan sebagai bentuk utama terapi medis selama lebih dari 2.000 tahun dan menyelamatkan jutaan nyawa di Tiongkok. Catatan sejarah pertama TCM adalah Kanon Dalam Kaisar Kuning yang ditulis sekitar 150 SM. Catatan Tiongkok sebelumnya menjelaskan penyakit tetapi tidak pengobatan, selain dari sumber abad ke-16 yang menuliskan beberapa pengobatan herbal pada 1100 SM.

2. TCM memiliki cabang yang jelas.

Pengobatan tradisional Tiongkok tidak hanya tentang memeriksa denyut nadi pasien dan meminum ramuan herbal. Pengobatan ini juga memiliki cabang yang jelas, seperti halnya pengobatan Barat. Selain memberikan diagnosis, TCM juga mencakup banyak perawatan untuk membantu orang tetap sehat, seperti tai chi, akupunktur, bekam, moksibusi, dan pijat tradisional Tiongkok.

Moksibusi - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

3. Pengobatan tradisional Tiongkok didasarkan pada filosofi keseimbangan dengan alam.

Aliran pemikiran untuk pengobatan tradisional Tiongkok adalah bahwa tubuh manusia adalah sistem yang mengatur dirinya sendiri. Secara internal, tubuh manusia mengatur untuk mencapai keseimbangan antara setiap bagian, tetapi terkadang membutuhkan bantuan dari luar, yaitu TCM, untuk mencapai keseimbangan tersebut. Pengobatan tradisional Tiongkok menganjurkan agar tubuh setiap orang memiliki kemampuan penyembuhan alami. Perawatan medis hanya menawarkan bantuan dalam meningkatkan kemampuan penyembuhan tersebut.

4. Kebanyakan obat TCM didapat dengan mudah dari tanaman.

Tampaknya orang Tiongkok sangat jenius dalam hal tumbuhan. Mereka telah menggunakan kekuatan alam untuk menjaga kesehatan sejak lama. Misalnya, herba TCM yang paling terkenal adalah goji berry, jahe, dan kayu manis. Bahkan beberapa buah, seperti loquat atau biwa dan pir, memiliki khasiat obat. Untuk menjadi dokter TCM di Tiongkok, praktisi harus memiliki banyak pengetahuan tentang tumbuhan herbal.

Tanaman Herbal Erat Kaitannya dengan TCM - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

5. TCM memiliki sedikit dasar ilmiah.

Ilmu pengetahuan modern tidak menemukan bukti untuk prinsip dasar pengobatan tradisional Tiongkok, seperti qi, dan ada perselisihan yang meluas di antara praktisi TCM tentang pengobatan yang diresepkan untuk kondisi tertentu. TCM memiliki kemiripan dengan metode ilmiah pengobatan Barat, tetapi banyak dari TCM didasarkan pada interpretasi subjektif ajaran kuno. Contohnya adalah penggunaan herbal oleh TCM berdasarkan efek yang diamati dan upaya untuk menjelaskannya. Namun, di mana sains telah menjelaskan efek herbal melalui penyelidikan biokimia, TCM juga telah menggantikan teori metafisika.

6. Tidak ada resep tetap di TCM.

Ketika menggunakan rasio yang berbeda, bahan obat yang sama telah diamati memiliki efek menyembuhkan atau membahayakan yang berbeda. Dokter TCM menyesuaikan tiap resep sesuai dengan kondisi fisik pasien. Oleh karena itu, TCM tidak mengizinkan penggunaan atau penjualan obat atau perawatan herbal tanpa konsultasi dan nasihat profesional.

7. Rumah sakit TCM tidak 100% tradisional saat ini.

Di Tiongkok, pergi ke rumah sakit TCM adalah pilihan umum bagi orang Tiongkok. Saat ini, metode diagnostik, seperti mengukur denyut nadi dan tekanan darah pasien dapat dilakukan dengan mesin. Dokter TCM biasanya menggunakan stetoskop Barat, atau bahkan melakukan tes darah, untuk membantu mengidentifikasi diagnosis. Biasanya, pasien dapat memilih apakah akan menggunakan pengobatan Barat atau ramuan herbal dan pengobatan TCM lainnya. (*)

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

Kota Ini Bangun Museum untuk Reruntuhan Situs Warisan Dunia

 

logo clock 25-11-2020, 07:01
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Jenazah 2.000 Tahun Ditemukan di Italia

 

logo clock 24-11-2020, 22:45
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Penerbit Musik Top Jerman Rilis Buku, Tandai 100 Tahun Lagu dan Seni China

 

logo clock 24-11-2020, 16:01
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Manuskrip Film 'Harry Potter' dan 'Avatar' Dipamerkan di Beijing

 

logo clock 24-11-2020, 13:21
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Perpaduan Fotografi, Fokus Kaligrafi

 

logo clock 23-11-2020, 13:26
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Viral