Perhatikan Hal Berikut, Sebelum Makan Kue Bulan

logo clock 4 Menit logo clock 04-10-2020, 06:27



Kue Bulan - Image from H.I.S Travel

Beijing, Bolong.id - Di Festival Pertengahan Musim Gugur Tiongkok, beredar banyak jenis kue bulan. Ada khas Beijing, Guangzhou, dan Chaozhou. Tapi perhatikan ini:  Zheng Xinjie, ahli gizi di Rumah Sakit Bersalin dan Kesehatan Anak Guangdong, mengingatkan jika makan terlalu banya, bisa cepat gemuk. 

Selagi menikmati kue bulan, Anda dapat mengonsumsi secangkir air panas atau teh hangat, tapi tidak minuman bersoda, teh susu, jus, dan minuman mengandung gula lainnya. Cara paling baik  adalah mengurangi porsi makanan pokok dengan tepat dan mengontrol kalori yang masuk saat makan, jika tidak, maka akan mudah menjadi gemuk. Demikian dilansir dari Xinhuanet.com, Sabtu (3/10/2020). 

Perhatikan kandungan gizi kue bulan

Xia Yanqiong, kepala dokter dari Departemen Gizi Rumah Sakit Kesehatan Ibu dan Anak Guangdong, menunjukkan bahwa kue bulan tradisional umumnya terbuat dari tepung, gula, kacang-kacangan, minyak, kuning telur, dan daging. Komponen nutrisi utama tepung adalah karbohidrat; komponen nutrisi utama kacang-kacangan dan minyak adalah lemak, dan terdapat lebih banyak vitamin E; kuning telur kaya akan protein, lemak, vitamin A, lesitin, dll, dan juga mengandung kolesterol tinggi. 

Daging kaya akan protein, lemak dan zat gizi mikro seperti zat besi, zinc, vitamin B1 dan vitamin B2, gula adalah karbohidrat. Bahkan beberapa kue bulan, setiap 100 gram mengandung 300 Kkal.  Oleh karena itu, kue bulan mengandung banyak lemak dan merupakan makanan berkalori tinggi. 

Orang-orang ini harus makan kue bulan dengan hati-hati

Orang sehat harus memperhatikan jumlah kue bulan yang dimakan, biasanya kue tersebut dipotong kecil-kecil. Namun, Xia Yanqiong mengingatkan bahwa makanan dengan kepadatan energi tinggi, gula tinggi, dan minyak tinggi tidak cocok untuk penderita penyakit tertentu. Orang-orang berikut ini sebaiknya makan lebih sedikit atau tidak makan kue bulan sama sekali. 

Diabetes, termasuk penderita diabetes gestasional: Karena kue bulan mengandung gula yang tinggi, makan terlalu banyak dalam waktu singkat dapat membuat gula darah naik tajam dan memperburuk kondisinya.

Bayi dan lansia: Karena perkembangan sistem pencernaan yang tidak mencukupi atau pencernaan yang buruk dan kapasitas penyerapan kurang, makan berlebihan dapat meningkatkan beban limpa dan perut, menyebabkan gangguan pencernaan, diare dan ketidaknyamanan lainnya.

Pasien dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner: Karena kue bulan adalah makanan yang tinggi gula dan berlemak tinggi, makan lebih banyak dapat meningkatkan kekentalan darah dan memperburuk perkembangan penyakit.

Penderita penyakit sistem pencernaan, seperti kolesistitis, kolelitiasis, duodenitis, dan gastritis: makan terlalu banyak kue bulan dapat menyebabkan serangan penyakit atau tidak menguntungkan untuk pemulihan penyakit, dan harus dikontrol.

Penderita nefritis: Setelah makan kue bulan, sering kali mulut dan lidah terasa kering  sehingga minum terlalu banyak air. Hal tersebut dapat menambah beban ginjal, meningkatkan hipertensi ginjal, dan mudah mengalami edema. (*)

Penulis : Maureen
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

China Punya 220.000 Institusi Layanan Rawat Lansia

 

logo clock 24-10-2020, 12:36
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Pacar Cuek? Ini Tipsnya

 

logo clock 23-10-2020, 13:30
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Ngeri... Inggris Akan Uji Vaksin, Lalu Relawan Sengaja Ditulari COVId-19

 

logo clock 23-10-2020, 13:14
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Setelah Corona, Norovirus Muncul. Bahaya, Tidak? Cek Faktanya...

 

logo clock 23-10-2020, 12:54
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

16 Anak TK dari Guangxi Diduga Terinfeksi Norovirus? Jangan Termakan Hoax, Cek Faktanya...

 

logo clock 23-10-2020, 10:45
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Viral