Baca dalam 3 menit

Jaga Penuaan Otak, Makan Banyak Sayuran Hijau

Waktu Publish : 18 Sep 2021, 14:55 WIB
SHARE ARTIKEL

Bayam - Image from Getty Images/EyeEm

Bolong.id - Mengapa sayuran berdaun hijau baik untuk kesehatan? Karena mereka dapat membantu Anda meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kekuatan otak. Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa orang yang banyak makan kangkung dan bayam dapat mempertahankan daya ingat yang lebih baik, dari segi kemampuan kognitif, mereka 11 tahun lebih muda daripada mereka yang tidak pernah makan sayuran.

Morris, ahli epidemiologi nutrisi di Rush University Medical Center di Amerika Serikat, adalah penulis studi tersebut, yang percaya bahwa makan sayuran berdaun hijau setiap hari dapat meningkatkan kesehatan otak.

Dilansir dari 营养师飞飞 pada Sabtu (18/9/2021), studi yang dipublikasikan dalam Journal of Neurology ini melibatkan 960 responden dengan usia rata-rata 81 tahun, dan tidak ada satupun dari mereka yang menunjukkan tanda-tanda penyakit Alzheimer. Responden mengisi kuesioner tentang frekuensi makan makanan tertentu dan menerima tes memori setiap tahun.

Di antara makanan yang tercakup dalam kuesioner, sayuran berdaun hijau adalah makanan yang paling penting untuk kesehatan otak. Meskipun belum jelas mengapa sayuran ini dapat meningkatkan kekuatan otak, kemungkinan karena nutrisi dan senyawanya yang kaya, termasuk vitamin E, vitamin K, lutein, beta karoten, asam folat, yang melindungi fungsi otak dan mekanisme fisiologis yang berbeda.

Menurut peneliti, penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi antara sayuran berdaun hijau dan menunda penuaan otak. Pada tahun 2017, lebih dari 5,5 juta orang Amerika menderita penyakit Alzheimer. Seiring bertambahnya populasi yang menua, proporsi pasien akan meningkat tajam. Oleh karena itu, penting untuk menemukan strategi pencegahan yang efektif. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong