Baca dalam 6 menit

China akan Meningkatkan Sistem Asuransi Kesehatan Masyarakatnya Lebih Baik

Waktu Publish : 17 Sep 2021, 14:26 WIB
Sumber : Xinhua
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi pelayanan medis di rumah sakit - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Rapat eksekutif Dewan Negara yang dipimpin oleh Perdana Menteri Li Keqiang pada hari Rabu mengadopsi Rencana Lima Tahun ke-14 untuk Keamanan Medis Nasional dan membuat pengaturan untuk meningkatkan sistem asuransi kesehatan untuk lebih memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan medis dan obat-obatan.

Dilansir dari Xinhua pada Kamis (16/09/2021), sejak babak baru reformasi medis, Tiongkok telah menempatkan jaringan asuransi kesehatan dasar terbesar di dunia yang mencakup seluruh penduduk. Selama periode Rencana Lima Tahun ke-13 (2016-2020), skema asuransi kesehatan dasar mencakup 1,36 miliar orang, dengan tingkat pertanggungan tetap di atas 95 persen.

"Menyediakan produk medis publik untuk seluruh penduduk adalah institusi dasar yang melindungi kesehatan masyarakat. Setelah bertahun-tahun berusaha, Tiongkok telah membentuk sistem asuransi kesehatan dasar dengan cakupan universal. Ini telah memainkan peran penting dalam membuat layanan medis lebih mudah diakses dan terjangkau, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga keharmonisan dan stabilitas sosial," kata Li.

Pertemuan itu menuntut perbaikan sistem asuransi kesehatan berjenjang. Kebijakan dukungan untuk asuransi kesehatan akan disempurnakan berdasarkan kategori. Rencana untuk cakupan universal asuransi kesehatan akan dilaksanakan. Karyawan perkotaan dan penduduk pedesaan dan perkotaan yang tidak bekerja didorong untuk mendaftar di tempat mereka tinggal atau bekerja. Pembatasan pendaftaran rumah tangga akan dicabut untuk pekerja fleksibel untuk berpartisipasi.

Manfaat di bawah skema asuransi kesehatan dasar untuk penggantian biaya pengobatan rawat jalan akan terus meningkat. Obat rawat jalan untuk tekanan darah tinggi dan diabetes akan lebih terjamin bagi penduduk pedesaan dan perkotaan yang tidak bekerja. Skema asuransi penyakit serius akan lebih diselaraskan dengan skema asuransi kesehatan dasar untuk meningkatkan manfaat asuransi. Mekanisme bantuan penyakit utama untuk kelompok yang kurang beruntung akan ditingkatkan.

Mekanisme terkait akan ditingkatkan dimana pengobatan diberikan sebelum tagihan medis dibayarkan jika terjadi epidemi besar, dan kelompok khusus dibebaskan dari biaya pengobatan mereka dan biaya pengobatan penyakit tertentu dibebaskan. Pengembangan asuransi kesehatan komersial akan didukung, dan produk asuransi yang menargetkan warga lanjut usia dan kelompok lain beragam. Skema asuransi perawatan jangka panjang akan terus dikembangkan. Langkah-langkah kebijakan untuk asuransi bersalin akan ditingkatkan.

"Sejak memajukan babak baru reformasi medis, tujuan kami untuk pengembangan skema asuransi kesehatan dasar adalah untuk mencapai cakupan penuh, memenuhi kebutuhan dasar dan memastikan keberlanjutan, dan atas dasar itu, membuat perbaikan yang stabil," kata Li. “Selama periode Rencana Lima Tahun ke-14 (2021-2025), kami akan memperdalam reformasi sistem asuransi kesehatan. Kami akan melakukan yang terbaik di mana pun kondisinya memungkinkan. Kami akan tetap berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan medis dasar masyarakat sambil meningkatkan kesehatan layanan dan mempromosikan keberlanjutan."

Kebijakan pembayaran asuransi kesehatan akan ditingkatkan, pengembangan sistem diagnosis dan pengobatan berjenjang dan konsorsium medis yang maju, dan institusi medis yang memenuhi syarat di tingkat dasar terdaftar sebagai lembaga asuransi kesehatan yang ditunjuk, untuk meningkatkan layanan institusi medis di tingkat dasar, menghindari pengobatan medis yang berlebihan pengobatan, dan memastikan penggunaan dana asuransi kesehatan yang lebih efektif.

Reformasi asuransi kesehatan dan obat-obatan akan dilakukan secara terkoordinasi. Pembelian obat dalam jumlah besar secara terpusat akan dilaksanakan secara berkesinambungan, dan cakupan pengadaan bahan medis habis pakai bernilai tinggi tersebut diperluas, untuk menekan harga obat dan bahan medis habis pakai yang selangit. Obat-obatan dengan nilai klinis tinggi dan manfaat penting bagi pasien akan diganti sesuai skema asuransi kesehatan dasar secara tepat waktu. Daftar obat-obatan yang tercakup dalam skema tersebut pada dasarnya akan disatukan secara nasional tahun depan.

Pelayanan penanganan asuransi kesehatan akan ditingkatkan. Jaringan layanan asuransi kesehatan yang mencakup provinsi, kota, kabupaten, kotapraja dan desa akan ditempatkan. Akses antar-provinsi ke layanan pemerintah akan difasilitasi termasuk pendaftaran, pembaruan, dan pengalihan skema asuransi kesehatan dasar. Penyelesaian online biaya rawat inap dan rawat jalan yang terjadi di rumah sakit non-lokal akan tersedia secara nasional.

Pengawasan dana asuransi kesehatan akan diintensifkan. Tanggung jawab akan ditegakkan dengan ketat, dan koordinasi antar-lembaga ditingkatkan. Pemantauan sistematis, inspeksi di tempat dan metode pengawasan lainnya akan digunakan secara holistik untuk mewujudkan cakupan penuh. Pihak ketiga seperti penyedia asuransi komersial akan dilibatkan untuk membuat pengawasan lebih profesional. Peran pengawasan publik akan lebih baik dimunculkan. Penggunaan dana asuransi kesehatan dan masalah yang diidentifikasi akan diumumkan kepada publik tanpa penundaan, untuk secara tegas menindak penipuan asuransi kesehatan.

“Kita harus membangun mekanisme di mana sistem pelayanan medis dasar beradaptasi dengan skema asuransi kesehatan dasar dan sebaliknya. Diperlukan upaya yang lebih besar untuk memajukan sistem diagnosis dan perawatan berjenjang, dan mengembangkan konsorsium medis dan pusat kesehatan regional, untuk memfasilitasi institusi medis di tingkat dasar untuk meningkatkan layanan medis," kata Li.


Informasi Seputar Tiongkok


Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong