Baca dalam 5 menit

China Perkuat Pengawasan Kosmetik Anak

Waktu Publish : 27 Jul 2021, 12:31 WIB
SHARE ARTIKEL

Anak-anak gunakan kosmetik - Image from NEDOMACKI/GETTY IMAGES

Chengdu, Bolong.id - Warga Chengdu, Provinsi Sichuan, Tiongkok bernama Yang, mengeluhkan, putrinya usia 5 tahun terpengaruh drama TV dan meminta kosmetik anak-anak. Namun, Yang ragu.

Chang, dari Kota Taizhou, Provinsi Zhejiang, pengguna kosmetik anak-anak yang dibeli dari platform e-commerce, mengakibatkan anak-anaknya alergi kulit, gatal-gatal.

Dilansir dari People’s Daily, Senin (26/7/2021), penjualan kosmetik saat ini menunjukkan tren ke usia yang lebih muda, dan pasar kosmetik anak-anak semakin panas.

Menurut data yang dirilis oleh platform e-commerce, volume penjualan kosmetik anak-anak telah meningkat 300% tahun-ke-tahun.

Namun, di balik kemakmuran pasar kosmetik anak-anak, ada potensi bahaya keamanan dan titik buta regulasi yang besar.

“Struktur kulit dan karakteristik fisiologis anak-anak sangat berbeda dengan orang dewasa. Kulit anak-anak lebih tipis, rambutnya lebih sedikit, kelenjar keringat lebih sedikit, pembuluh darah subkutan sangat banyak, dan kemampuan untuk menahan rangsangan eksternal sangat lemah, kata Prof Liu Zhong dari Universitas Jinan.

Menurutnya, kosmetik anak-anak memiliki persyaratan kualitas yang lebih tinggi dan membutuhkan pengawasan yang lebih ketat.

Jika kosmetik anak-anak memiliki masalah seperti mikroba yang berlebihan dan penambahan bahan alergen secara ilegal, maka akan menyebabkan infeksi kulit anak, alergi dan cedera, gangguan perkembangan tulang dan organ, dermatitis tergantung hormon dan bahkan pubertas dini.

Liu Zhong percaya bahwa saat ini ada celah dalam peraturan industri kosmetik anak-anak. Salah satunya adalah formula kosmetik anak-anak tidak memiliki data ilmiah yang memadai tentang keamanan bahan baku; yang lain adalah bahwa kosmetik anak-anak dipromosikan secara salah dalam hal deskripsi produk dan kosmetik anak-anak disamarkan sebagai mainan.

Di beberapa toko kosmetik anak-anak online, terdapat beberapa kosmetik anak-anak tidak memenuhi syarat, dan laporan ulasan yang ditampilkan di beberapa toko disembunyikan. Kosmetik itu dijual dengan nama mainan dan coba menyatukkan kosmetik di antara banyak mainan-mainan.

Untuk mengatur industri kosmetik anak-anak, pihak berwenang pun telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

Sejak Maret tahun ini, Administrasi Obat Provinsi Shanxi telah melakukan perbaikan terpusat kosmetik anak-anak dan bayi, dan menindak keras penambahan bahan-bahan ilegal.

Biro Pengawasan Pasar Kota Xiamen Provinsi Fujian meluncurkan inspeksi khusus terhadap kosmetik anak-anak, dan melakukan pengawasan pasca-pendaftaran dan inspeksi 1.225 produk, dengan fokus pada verifikasi apakah formula dan laporan inspeksi produk kosmetik anak-anak memenuhi persyaratan keamanan, dan apakah informasi produk dan materi pengarsipan konsisten dan legal.

Pada bulan Juni tahun ini, Administrasi Produk Medis Nasional secara terbuka meminta pendapat tentang pengawasan dan pengelolaan kosmetik anak-anak.

Konten yang spesifik termasuk klasifikasi bahan baku yang tidak boleh digunakan, persyaratan untuk lulus penilaian keamanan dan uji toksikologi, dan kebutuhan akan kualitas dan keamanan produk.

Dalam hal ini, Liu Zhong mengatakan "Pengenalan peraturan pengawasan khusus untuk kosmetik anak-anak akan membentuk pencegahan yang efektif untuk penambahan bahan ilegal, promosi yang dilebih-lebihkan, dan perubahan dalam bentuk produk, serta akan memainkan peran penting dalam mengatur pasar kosmetik anak. Kosmetik disarankan untuk menyantumkan daftar bahan baku kosmetik anak dan daftar bahan yang dilarang, dan berada dalam kisaran dosis yang aman.

Selain itu, juga meningkatkan kesadaran orang tua tentang keselamatan dan kesehatan juga merupakan bagian penting dari memastikan keamanan kosmetik anak-anak.

"Orang tua harus dibimbing untuk memahami dengan benar kosmetik anak-anak dan pembelian serta penggunaan kosmetik anak yang benar," kata Liu Zhong, menyarankan agar orang tua tidak membeli kosmetik anak-anak melalui toko mainan online.

Pembeli diharapkan untuk memeriksa informasi catatan produk di situs resmi. Untuk beberapa anak dengan alergi, orang tua harus lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik anak, dan melakukan tes kulit pada lengan dan bagian lain sebelum digunakan untuk menghindari risiko kesehatan. (*)

Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong