Baca dalam 3 menit

Berbahaya, Tren Pakai Kosmetik pada Anak-anak di China

Waktu Publish : 18 Jul 2021, 09:17 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi anak-anak mengenakan kosmetik - Image from momlovesbest.com

Bolong.id - Tidak hanya lipstik, eye shadow, tetapi stiker kuku juga tersedia di kotak kosmetik anak-anak. Baru-baru ini, kosmetik anak-anak laris manis di platform e-commerce, dan banyak di jual di toko mainan offline.

Berkaitan dengan hal tersebut, dokter kulit Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Tiongkok mengingatkan bahwa, penggunaan produk kecantikan untuk anak kemungkinan besar dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada kulit.

Dilansir dari Xiamen Daily pada Sabtu (17/7/2021), dalam satu kotak kosmetik anak-anak, ada hampir 10 set riasan, termasuk cat kuku, eye shadow, lipstik, dan karakter kartun tercetak di kemasan luarnya sehingga menarik perhatian banyak anak-anak.

Salah seorang pegawai toko mainan menjelaskan bahwa penjualan kosmetik anak-anak ini cukup baik, sebanyak 20 item dapat terjual dalam satu bulan di toko. Namun, dibandingkan dengan kosmetik untuk orang dewasa, kotak kosmetik anak-anak ini memiliki tekstur yang lebih buruk yang bahkan dapat dilihat dari kemasan yang transparan.

Kosmetik anak-anak ini dijual dengan harga mulai dari 100 - 300 yuan (Rp200 - 700 ribu) di toko mainan, dan sulit ditemukan di toko-toko khusus produk ibu dan anak.

Selain toko mainan offline, kosmetik anak yang dijual di platform e-commerce juga sangat populer, beberapa toko telah menjual lebih dari 1.000 peralatan kosmetik anak dalam sebulan. Harga kosmetik anak-anak di toko online lebih rendah daripada toko fisik.

"Kosmetik anak-anak kami menggunakan bahan baku food grade, yang bisa langsung dioleskan ke wajah anak tanpa merusak kulit," kata seorang customer service. Tetapi ditanya apakah ada sertifikat produk, layanan pelanggan tidak bisa menjawabnya.

Kosmetik anak-anak - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Kulit anak-anak memiliki stratum korneum yang tipis dan mudah teriritasi dengan penggunaan kosmetik.

Seseorang menceritakan pengalamannya mengenai kosmetik anak. Karena anaknya menyukai kosmetik anak, ia membeli satu set produk di Internet, dan berakibat pada anak tersebut menjadi alergi terhadap cat kuku.

“Saya tidak lagi membeli kosmetik untuk anak saya sejak itu.” Pada saat yang sama, pembeli online juga mengomentari masalah seperti muncul ruam, kulit memerah, alergi, dan kosmetik tersebut sulit dibersihkan.

Apa yang harus diperhatikan anak saat menggunakan kosmetik anak? Zhao Wenjie, kepala dokter Departemen Dermatologi, Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Tiongkok Xiamen, mengatakan kepada bahwa stratum korneum kulit anak-anak lebih tipis daripada orang dewasa, dan kulit mereka lebih halus dan rentan terhadap kerusakan fisik dan kimia.

Selain itu, kulit wajah anak-anak memiliki daya serap yang tinggi, dan penggunaan produk kecantikan cenderung menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada kulit. Dapat dikatakan bahwa, kosmetik anak-anak yang tidak sesuai berbahaya bagi kulit anak-anak.

Sementara itu, anak-anak harus memperhatikan waktu penggunaan saat menggunakan kosmetik. Penggunaan jangka panjang akan menyebabkan pori-pori tersumbat, infeksi kulit dan folikulitis. Disarankan agar orang tua mencoba meminimalkan atau tidak membeli produk tersebut untuk anak-anak.

Kosmetik anak menjadi tren baru

Mengapa riasan anak-anak begitu populer? Banyak gadis kecil mengungkapkan bahwa penggunaan kosmetik anak-anak telah menjadi tren baru.

“Banyak teman sekelas memiliki peralatan kosmetik anak-anak. Kami juga mendiskusikan bersama apa cat kuku apa yang terlihat bagus,” An An (nama samaran), siswa kelas empat, mengatakan bahwa beberapa hari yang lalu, dia membeli satu set kosmetik anak-anak dengan uang sakunya.

Pada saat yang sama, di Douyin, sebuah video tentang proses perawatan kulit pada anak berusia 12 tahun telah medapat 165.000 likes, dan akun blogger kecantikan termuda memiliki 4 Juta penggemar. Karya-karya para blogger ini telah membantu mempopulerkan kosmetik anak-anak kepada publik Tiongkok. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

culture

Proses Makanan Nyaris Kadaluarsa Jadi Tren di China

  • Lupita
  • 26 May 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3