Baca dalam 2 menit

Kertas Pertama Ditemukan di China

Waktu Publish : 01 Sep 2021, 11:05 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi pembuatan kertas di Tiongkok - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Dilansir dari China Highlights, Rabu (1/9/2021) diduga, kertas pertama digunakan di Tiongkok. Temuan arkeologi, seorang pejabat di Dinasti Han (206 SM – 220 M) Cai Lun menggunakan kertas pada tahun 105 M.

Sebelum kertas digunakan, orang menggunakan bahan tulis dari tanah liat yang dibakar, seperti genteng di zaman now. Lalu berkembang ke bahan batu (pernah digunakan di Indonesia pada sekitar awal kemerdekaan RI, bernama sabak).

Alat tulis berbentuk tablet dari tanah liat digunakan di Mesopotamia sekitar 3.100 SM. Papirus, kulit, dan pelat kayu juga digunakan di Barat, dan di era Dinasti Shang (1600–1046 SM).

Sedangkan, kertas yang digunakan pejabat Dinasti Han, dibuat dari bahan kulit kayu. Direndam, ditumbuk, dicuci, direbus, disaring, dan diputihkan. Lalu dicetak pipih.

Tentara Arab memperoleh teknologi pembuatan kertas ketika mereka menyerang Dinasti Tang (618–907) di sepanjang Jalur Sutra pada tahun 750-an M. Baru sekitar 400 tahun kemudian teknologi pembuatan kertas mencapai Eropa melalui orang-orang Arab.

Pada tahun 1400-an, kertas umumnya diproduksi di seluruh Eropa, dan bersama dengan mesin cetak yang ditemukan pada tahun 1440-an, penerbitan massal yang ekonomis memungkinkan pendidikan massal dan penyebaran gagasan yang cepat.

Mesin cetak menyebabkan perubahan sosial yang revolusioner. Literasi massa menyebabkan Renaisans, Reformasi yang mengubah sistem politik, revolusi ilmiah dan revolusi industri, dan pertumbuhan besar populasi dunia. (*)

Terkait

culture

Teknologi Cetak Sudah Digunakan Dinasti Han

  • Djono W. Oesman
  • 15 Sep 2021

culture

Bubuk Mesiu, Satu dari Empat Penemuan Besar China

  • Lupita
  • 30 Aug 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong