Baca dalam 3 menit

Beijing Adakan Pameran Seni Rakyat Sambut Tahun Baru Imlek

Waktu Publish : 09 Feb 2021, 11:12 WIB
SHARE ARTIKEL

Paper cutting yang dipamerkan dalam museum - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Tahun Baru Imlek China adalah tentang mengantarkan kesehatan dan kemakmuran yang baik, dan berlabuh oleh kebiasaan yang dijunjung tinggi. Saat festival semakin dekat, lusinan karya seni rakyat tradisional yang berkaitan dengan Tahun Baru Imlek kini dipamerkan di Museum Seni Yanhuang di ibu kota.

Mulai dari sulaman dan potongan kertas yang dibuat oleh pengrajin lokal, hingga lukisan Tahun Baru yang dicetak oleh studio terkenal di seluruh negeri, pameran ini memamerkan beragam koleksi kesenian rakyat yang digunakan untuk menciptakan kemeriahan perayaan.

Paper cutting adalah kerajinan rakyat yang sangat menonjol selama Festival Musim Semi. Orang-orang menempelkan karya potongan rumit di jendela atau menggantungnya di pintu menggunakan lem beras ketan. Meskipun setiap bagian Tiongkok memiliki gaya potongan kertas yang berbeda, dekorasi ini biasanya berisi simbol keberuntungan dan kata-kata yang dipotong dari kertas merah.

Gambar dewa - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Di Tiongkok kuno, orang percaya gambar memiliki banyak kekuatan dalam mengubah peristiwa. Jadi gambar dewa dan roh, bersama dengan Langit dan Bumi, adalah fitur konstan kesenian rakyat Tiongkok. Orang-orang menggunakannya untuk mendekorasi rumah mereka selama Tahun Baru Imlek, untuk mengusir roh jahat dan membawa kesehatan serta keberuntungan dalam 12 bulan mendatang.

Museum ini juga memiliki berbagai lukisan "nian hua", atau Tahun Baru. Dekorasi ini dipercaya membawa kedamaian dan rejeki bagi rumah tangga. Dewa pintu ditempelkan di pintu utama rumah untuk menangkis nasib buruk. Gambar bayi gemuk dengan teratai dan ikan emas juga populer karena melambangkan kesuburan dan banyak keturunan.

Mainan buatan tangan - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Sorotan lain dari pameran ini adalah koleksi mainan buatan tangan yang sangat banyak. Katak, ayam jantan, dan kuda adalah pilihan yang tepat. Tapi yang paling populer adalah harimau.

Li Peng, kurator pameran, mengatakan harimau adalah yang terpenting dalam kepercayaan rakyat Tiongkok.

"Saat dijahit pada pakaian untuk bayi yang baru lahir atau anak kecil, orang percaya desainnya memiliki kemampuan untuk menakut-nakuti kekuatan jahat, dan melindungi pemakainya dari bahaya, sehingga mereka bisa tumbuh kuat dan sehat," kata Li.

Seni rakyat Tiongkok telah berkembang selama ribuan tahun. Tidak hanya kaya akan bentuk tetapi juga tertanam kuat dalam adat istiadat dan kepercayaan.

Ini adalah cerminan yang jelas dari budaya Tionghoa dan perwujudan keinginan orang Tionghoa untuk kehidupan yang baik.

Matsnaa Chumairo/Penerjemah

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
18
9
11
0
1
2