China Akan Bangun Teleskop Optik Bias Terbesar di Dunia

17 March 2021, 07:30 WIB

China Akan Bangun Teleskop Optik Bias Terbesar di Dunia-Image-1

Teleskop optik bias terbesar - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Beijing, Bolong.id – Tiongkok akan meluncurkan teleskop astronomi optik satu meter dengan fungsi ganda yaitu penelitian ilmiah dan sains populer. Menurut laporan, teleskop optik satu meter yang diluncurkan kali ini akan menjadi teleskop optik bias terbesar di dunia dan akan dipasang di Planetarium Tibet, yang diharapkan mulai dibangun tahun ini.

Pembangunan teleskop ini dipimpin oleh National Astronomical Observatory of the Chinese Academy of Sciences, dan dilakukan bersama oleh Purple Mountain Observatory of Chinese Academy of Sciences, dan beberapa institusi terkait lainnya.

Dilansir dari 环球网  pada Selasa (16/03/21), Wang Junjie, wakil direktur Departemen Sains dan Teknologi Daerah Otonomi Tibet, memperkenalkan bahwa teleskop dikembangkan dan dibuat secara independen oleh Tiongkok, dan proses konstruksi perlu mengatasi berbagai kesulitan teknis.

Mengandalkan ketinggian Lhasa dan kondisi pengamatan yang baik, teleskop ini akan memiliki fungsi ganda yaitu pemasyarakatan ilmiah dan pengamatan profesional. Ini akan melayani kebutuhan profesional kelompok penelitian dan juga dapat digunakan oleh publik.

Setelah selesai, teleskop astronomi optik satu meter dari Planetarium Tibet tidak hanya akan memiliki fungsi penelitian dan observasi ilmiah astronomi yang kuat, tetapi juga memiliki kemampuan untuk meliput observasi visual siang dan malam, astrofotografi, siaran langsung online, pengajaran jarak jauh, dan kemampuan mempopulerkan sains lainnya, yang akan memberikan layanan mendalam untuk warga Tibet. (*)