Teleskop Raksasa China Deteksi Semburan Radio Cepat Baru

09 March 2021, 10:26 WIB

Teleskop Raksasa China Deteksi Semburan Radio Cepat Baru-Image-1

Ilustrasi Fast Radio Burst - Image from Universe Today

Beijing, Bolong.id - Para ilmuwan telah mendeteksi tiga semburan radio cepat atau fast radio burst (FRB) baru dari tempat lain di alam semesta dengan bantuan teleskop radio terbesar di dunia.

FRB adalah kilatan radio misterius yang berlangsung hanya seperseribu detik yang dikonfirmasi pada tahun 2016 berasal dari kosmos. Dilansir dari Xinhuanet pada Senin (8/3).

Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh National Astronomical Observatories di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok menemukan tiga FRB baru dengan pengukuran dispersi tinggi dari massa data Teleskop Five-hundred-meter Aperture Spherical Telescope (FAST) milik Tiongkok.

Penemuan yang diterbitkan dalam jurnal The Astrophysical Journal Letters minggu lalu, menunjukkan bahwa FRB terjadi miliaran tahun yang lalu ketika alam semesta masih muda.

FRB yang baru ditemukan, bersama dengan FRB pertama yang ditangkap oleh FAST pada tahun 2020, menunjukkan mungkin ada sebanyak 120.000 FRB yang terdeteksi tiba di Bumi setiap hari, menurut penelitian tersebut.

"Kami mengejar dalam hal pemrosesan data dan mengharapkan lebih banyak penemuan dari FAST," kata Niu Chenhui, peneliti utama.

FAST adalah teleskop radio terbesar di dunia, dengan area penerimaan yang setara dengan 30 lapangan sepak bola standar. Terletak di depresi karst yang dalam dan melingkar di Provinsi Guizhou, Tiongkok barat daya, secara resmi mulai beroperasi pada 11 Januari 2020.

FRB berpotensi memberikan wawasan tentang berbagai masalah astrofisika. "Dengan adanya lebih banyak penemuan dari FAST, maka akan membantu mengungkap asal-usul FRB yang belum diketahui," kata Li Di, penulis studi terkait dan kepala ilmuwan teleskop. (*)