Baca dalam 3 menit

China Aerospace Sukses Luncurkan Satelit Pengindraan Jauh

Waktu Publish : 06 Nov 2021, 16:42 WIB
Sumber : China News
SHARE ARTIKEL

Peluncuran satelit - Image from Sohu

Xichang, Bolong.id - Pemerintah Tiongkok meluncurkan 35 satelit pengindraan jauh A, B dan C menggunakan roket 2D Long March, di Pusat Satelit Kota Xichang, Provinsi Sichuan, Tiongkok, Sabtu (6/11/2021) pukul 11.00 waktu Beijing. Peluncuran sukses.

Dilansir dari China News pada Sabtu (6/11/20211), bahwa 35 satelit penginderaan jauh A, B, dan C digunakan dalam eksperimen ilmiah, survei tanah dan sumber daya, perkiraan produksi pertanian, serta pencegahan dan mitigasi bencana.

Bintang A dan Bintang B dikembangkan oleh Fifth Academy of China Aerospace Science and Technology Corporation; Bintang C dikembangkan oleh Eighth Academy of China Aerospace Science and Technology Corporation.

Roket pembawa 2D Long March untuk misi ini adalah roket pembawa dua tahap cair bersuhu normal yang dikembangkan oleh Eighth Academy of China Aerospace Science and Technology Corporation.

Roket ini memiliki karakteristik keandalan tinggi, keamanan tinggi, biaya rendah, dan periode peluncuraan yang pendek. Daya dorong lepas landas roket mencapai 300 ton, dan daya dukung yang sesuai dengan orbit melingkar sinkron matahari sepanjang 700 kilometer mencapai 1,2 ton.

Untuk efisiensi ekonomi dan memaksimalkan daya dukung, roket ini mengadopsi solusi seri bintang tiga satu tembakan fairing berdiameter 3,35 meter untuk pertama kalinya. Setiap satelit adalah kepala besar (berdiameter sekitar 2,5 meter) yang membutuhkan lapisan ruang yang independen.

Ketinggian panah adalah yang tertinggi dalam sejarah, dan ketinggian rakitan penutup bintang telah mencapai 13,4 meter, yang setara dengan ketinggian 4-5 lantai.

Untuk mengatasi masalah bahwa perakitan dapat melewati gerbang pabrik perakitan selama transportasi, staf merancang kabin pendukung satelit tingkat menengah secara terbalik, mengurangi ketinggian kabin muatan, dan menghemat 70 kilogram transportasi kapasitas untuk muatan.

Peluncuran ini merupakan peluncuran ke-56 dari roket pembawa 2D Long March, uji terbang ke-145 dari seri roket pembawa Long March yang dikembangkan oleh Eighth Academy of Sciences, dan peluncuran ke-396 dari seri roket pembawa Long March. (*)

Terkait

news

China Aerospace Science and Technology Berhasil Luncurkan Sa...

  • Lupita
  • 07 Nov 2021

technology

China Luncurkan Satelit Baru untuk Memantau Lautan

  • Isna Fauziah
  • 22 Sep 2020

technology

China Luncurkan Satelit Observasi Laut HY-2C

  • Isna Fauziah
  • 21 Sep 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong