Baca dalam 3 menit

China Aerospace Science and Technology Berhasil Luncurkan Satelit Untuk Melayani Pembangunan Berkelanjutan

Waktu Publish : 07 Nov 2021, 16:10 WIB
Sumber : 人民网
SHARE ARTIKEL

China Aerospace Science and Technology Berhasil Meluncurkan Satelit Untuk Melayani Pembangunan Berkelanjutan- Image from people.com.cn

Beijing, Bolong.id - Pusat Peluncuran Satelit Taiyuan berhasil menggunakan roket Long March 6 di pusat Peluncuran Satelit Ilmu Bumi Taiyuan (juga dikenal sebagai "Satelit Ilmu Pembangunan Berkelanjutan No. 1," SDGSAT-1) diluncurkan ke luar angkasa. Satelit berhasil memasuki orbit yang dijadwalkan dan misi peluncurannya sukses total.

Dilansir dalam 人民网 pada (5/11/2021), Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok bahwa SDGSAT-1 adalah satelit ilmiah pertama di dunia yang didedikasikan untuk melayani Agenda 2030 PBB untuk Pembangunan Berkelanjutan. Satelit ini dikembangkan secara khusus oleh Proyek Ilmu Big Data Bumi, Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, dan merupakan bintang pertama yang direncanakan oleh Pusat Penelitian Internasional untuk Pembangunan Berkelanjutan Big Data (CBAS).

China Aerospace Science and Technology Berhasil Meluncurkan Satelit Untuk Melayani Pembangunan Berkelanjutan - Image from 百度

SDGSAT-1 dilengkapi dengan tiga muatan inframerah termal, tingkat cahaya rendah, dan pencitra multi-spektral. Melalui tiga muatan, digunakan untuk mengamati terkoordinasi sepanjang hari. Ini menyediakan dukungan data untuk pemantauan, evaluasi, dan penelitian ilmiah tentang terwujudnya tujuan pembangunan berkelanjutan global.

Setelah satelit berada di orbit, produk datanya akan dibagikan secara global untuk memberikan dukungan data yang dibutuhkan masyarakat internasional, terutama negara berkembang untuk melaksanakan penelitian tujuan pembangunan berkelanjutan, dan mengurangi ketidakseimbangan pembangunan berkelanjutan global antar-kawasan.

Pusat Penelitian Internasional untuk Pengembangan Berkelanjutan Big Data adalah pengguna utama satelit. Pusat Sains Antariksa Nasional dari Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok bertanggung jawab atas pengembangan dan konstruksi keseluruhan sistem pendukung teknik dan darat.

Institut Inovasi Informasi Dirgantara bertanggung jawab atas pengembangan satelit dan muatan, sistem aplikasi ilmiah bertanggung jawab atas Institut Inovasi Informasi Dirgantara dari Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, sistem pengukuran dan kontrol bertanggung jawab atas Pusat Pengukuran dan Kontrol Satelit Xi'an Tiongkok, dan kendaraan peluncuran tersebut dikembangkan oleh Eighth Research Institute of China Aerospace Science and Technology Corporation.

Misi ini adalah misi peluncuran ke-8 dari roket pembawa Long March 6 dan penerbangan ke-395 dari seri roket pembawa Long March. (*)


Informasi Seputar Tiongkok



Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong