Baca dalam 3 menit

Ini 5 Fakta Kekuatan Militer China, Jumlah Tentaranya Banyak Sekali

Waktu Publish : 28 Nov 2020, 14:57 WIB
SHARE ARTIKEL

Militer China - Image from tempo.co

Jakarta, Bolong.id -Hubungan Indonesia dan Tiongkok beberapa kali sempat memanas dari masalah di Laut China Selatan hingga penembakan TNI AL ke kapal nelayan Tiongkok karena melanggar perbatasan.

Nyatanya, Indonesia tidak bisa meremehkan kekuatan militer Tiongkok. Faktanya militer Tiongkok berkembang sangat pesat dan luar biasa. Di bidang militer Negara Tirai Bambu tersebut menduduki posisi 3, setelah Amerika dan Rusia.

Indonesia jelas mewanti-wanti hal ini. Sebisa mungkin kita tak memicu konflik terlepas dari kedaulatan yang harus tetap dipertahankan. Soal militer Tiongkok, Dilansir dari laman Boombastis.com, berikut adalah fakta-fakta lebih detail tentang kekuatan negeri tirai bambu tersebut.

1. Jumlah Tentara Tiongkok Terbanyak di Dunia

Tentara China - Image from Kompas.com

Tiongkok adalah salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Maka tak heran kalau stok tentara mereka sangatlah melimpah. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Global Fire Power, jumlah tentara aktif Tiongkok adalah yang terbanyak di dunia.

Jika berbicara soal jumlah personel, Indonesia bisa dikatakan kalah telak. Namun, meski jumlahnya tidak sebanyak tentara Tiongkok, banyak tentara Indonesia yang berkualitas bahkan banyak personel elit yang disegani dunia.

2. Jumlah Pesawat Tempur yang Luar Biasa

Jet tempur China - Image from wartaekonomi.co.id

Soal alutsista perang, Tiongkok tidak hanya punya deretan perlengkapan militer canggih, tapi jumlahnya juga sangat banyak. Misalnya pesawat tempur, mereka memiliki sekitar 1.230an buah. Indonesia sangat jauh tertinggal dengan jumlah 110 buah saja.

3. Pemilik Tank Kedua Terbanyak di Dunia

Tank China - Image from wikimedia.org

Tank adalah salah satu faktor penting dalam pertempuran. Tank digunakan sebagai garda terdepan yang bertugas sebagai penggedor pertahanan musuh. Karena itulah tank termasuk dalam tolak ukur kekuatan militer seubuah negara. Dan soal tank, Tiongkok memiliki benda ini dengan jumlah yang sangat gila. Sulit dipercaya tapi mereka sekarang ini menyimpan sekitar 9.150 buah tank. Jumlah tank Tiongkok sendiri adalah yang terbanyak kedua di dunia setelah Rusia.

4. Punya Banyak Sekali Kapal Selam

Kapal selam China - Image from matamatapolitik.com

Rata-rata negara di dunia memiliki jumlah kapal selam yang sedikit. Hal ini masuk akal mengingat biaya pengadaan dan operasionalnya yang sangat besar. Tapi, meskipun jumlahnya hanya sedikit, kapal selam mampu memberikan dampak kerusakan yang luar biasa. Bicara soal kapal selam, Tiongkok sendiri memiliki sekitar 68 buah.

5. Tiongkok Memiliki Kapal Induk

Kapal Induk China - Image from kompasiana.com

Dari banyak negara di dunia, hanya segelintir saja yang punya kapal induk. Hal ini masuk akal karena biayanya yang sungguh besar. Tapi, kapal induk ini mampu memberikan dukungan militer yang besar. Tiongkok sendiri saat ini sudah memiliki beberapa buah kapal Induk. (*)

Terkait

news

Rekor, 28 Pesawat Tempur Tiongkok Masuki Wilayah Udara Taiwa...

  • Visco Joostensz
  • 17 Jun 2021

technology

China Bikin Robot Pengintai Canggih Eagle Eye

  • Lupita
  • 06 Jun 2021

news

Militer Tiongkok Terus Genjot Kerja Sama Pertahanan dan Keam...

  • Visco Joostensz
  • 28 May 2021

news

Salut, China Secara Aktif Memberi Bantuan untuk KRI Nanggala...

  • Visco Joostensz
  • 28 May 2021

news

Taiwan : Ibu Pertiwi Harus Dipersatukan !

  • Visco Joostensz
  • 27 May 2021

news

Kodam Jaya Miliki Sarana Latihan Pertempuran Kota

  • Edwin Adriaansz
  • 24 May 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong