Baca dalam 3 menit

Bagaimana Ciri Khas Pakaian Orang Tibet?

Waktu Publish : 09 May 2021, 14:30 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi pakaian orang Tibet - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Jubah Tibet adalah gaya pakaian utama orang Tibet. Dilansir dari chinawenhua.com, menurut waktu penggunaannya pakaian pria Tibet dibagi menjadi tiga jenis yaitu Legui (pakaian tenaga kerja), Zhugui (Jubah), dan Zhagui (pakaian prajurit).

1. Legui/勒规 (Pakaian pekerja)

Saat iklim berubah sepanjang tahun, legui juga berubah. Legui yang dikenakan pada musim semi dan musim panas disebut Cuba dalam bahasa Tibet. Umumnya, Cuba diikatkan di pinggang dengan sabuk bunga besar berwarna-warni, dan kedua lengan disilangkan dan diikatkan di depan dan perut di bagian belakang pinggang.

Celana panjang musim gugur dan musim dingin terbuat dari kulit sapi dan domba. Mereka mengenakan topi kulit dengan pelindung telinga dan sepatu bot buatan Tibet, dengan sepatu kulit yang panjang atau sol bulu.

Ilustrasi pakaian pria Tibet - Image from Sina

2. Zhugui/赘规 (Jubah)

Zhugui adalah kostum pesta dan kostum upacara. Bahannya mahal dan pengerjaannya sangat bagus. Ini adalah produk yang bagus dari kostum Tibet. Perhiasannya mencakup dompet Tibet yang dihiasi gelang gading, sabit dan pisau perak bertatahkan bunga perak.

3. Zhagui/扎规 (Pakaian prajurit)

Kostum Zhagui termasuk topi bulu rubah, kain chuba atau wol berbingkai kulit macan tutul, pisau panjang di pinggang, jimat dan senjata panjang dan pendek.

Pakaian wanita Tibet

Wanita tibet di sepanjang lembah sungai memakai baju sutra lengan panjang, dengan warna merah tua, merah muda, putih, dll. Lengan baju sutra berwarna yang biasa mereka pakai sepanjang pergelangan tangan.

Pakaian yang dikenakan pada festival atau ritual, umumnya setinggi tiga atau empat kaki dari pergelangan tangan, dikenal sebagai lengan selongsong air.

Lengan selongsong air ini adalah alat peraga nagi wanita untuk menarikan tarian Xianzi. Saat mereka tidak menarikan tarian Xianzi, lengan tersebut digulung di pergelangan tangan.

Di bagian bawah tubuh, mereka mengenakan celana katun, dan rok putih di bagian luar, di luar memakai kardigan tanpa lengan.

Ilustrasi pakaian wanita Tibet - Image from 163.com

Wanita Tibet mengenakan Bangdian warna-warni di pinggang mereka, yang disebut ikat pinggang atau celemek dalam bahasa Mandarin. Bangdian memiliki pola garis horizontal merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu yang terlihat seperti pelangi.

Mereka mengenakan sepatu bot buatan sendiri. Hiasan kepalanya adalah benang sutra tujuh warna yang dikepang kemudian dililitkan di kepala. Pakaian wanita Tibet di daerah lain memiliki ciri khas tersendiri karena adanya perbedaan daerah. (*)

Informasi Seputar Tiongkok

Banner Kanan
Logo follow bolong