Baca dalam 3 menit

Sekilas Tentang Marga Deng (邓) dan Tokoh Penyandangnya

Waktu Publish : 02 May 2021, 16:37 WIB
SHARE ARTIKEL

Tokoh penyandang marga Dèng (邓) - Image from Bolong.id

Bolong.id - Dèng (邓) adalah salah satu marga atau nama keluarga Tionghoa. Dèng (邓) dalam karakter tradisional ditulis 鄧. Ini ditransliterasikan sebagai Dèng dalam pinyin, dan Teng atau Then dalam Wade-Giles. Di tahun 2019, Dèng (邓) berada di peringkat ke-21 marga paling umum di Tiongkok Daratan.

Pada periode pra Qin, penyandang marga Dèng (邓) terutama tinggal di Provinsi Henan di bagian tengah dan hilir Sungai Kuning. Henan adalah tempat kelahiran nama keluarga Dèng (邓). Selama Dinasti Qin dan Han, marga Dèng (邓) menyebar ke Sichuan, Shaanxi, Jiangsu, dan tempat-tempat lain.

Sejarah

Menurut legenda, kelompok pertama marga Dèng (邓) berasal dari Kerajaan Deng kuno di era Kaisar Kuning. Kedua adalah dari nama belakang Si, keturunan Xia Yu. Ketiga, berasal dari nama belakang putranya, yang merupakan keturunan dari keluarga kekaisaran Shang.

Shang Wang Wuding menghancurkan Si yang bermarga Deng Guo, dan kemudian memberikan nama Deng pada pamannya Man Ji Yuhe (catatan Hanshui) di utara. Pada 678 SM, raja Chu Wen menghancurkan Deng Qihou, kerajaan Deng runtuh, dan keturunannya menggunakan Deng sebagai klannya. Di Dinasti Han Barat, keluarga Nanyang yang terkenal dibentuk. Man Ji kemudian diakui sebagai nenek moyang marga Dèng (邓).

Penyebutan

Di Hong Kong dan Makau disebut Tang (Kanton). Di Taiwan disebut Teng atau Then. Di Vietnam disebut Đặng dna merupakan 10 besar nama yang paling banyak dipakai di Vietnam. Di Korea disebut Deung atau등 , namun sangat jarang digunakan.

Dalam Bahasa Indonesia Marga 鄧/邓 (Deng) disebut Teng yang berubah menjadi Tenggara, Tengger atau Ateng.

Tokoh Penyandang Marga Dèng (邓)

Deng Xiaoping (邓小平), Mantan Presiden Tiongkok (1978-1989)

Teresa Teng, Penyanyi asal Taiwan

Deng Yaping, Atlet Tenis Meja asal Tiongkok

Billy Tang Hin-Shing, Sutradara asal Hong Kong

Gloria Tang atau G.E.M. (Tang Tsz-kei), Penyanyi asal Hong Kong

Deng Yu (邓宇), jenderal dan perdana menteri Dinasti Han Timur

Deng Shichang (邓世昌), gubernur jenderal pada masa Dinasti Qing

Deng Shiru (邓石如), penulis kaligrafi pada masa Dinasti Qing

Deng Lijun / Teresa Teng (邓丽君), penyanyi pop terkenal

Informasi Seputar Tiongkok



Banner Kanan
Logo follow bolong