Baca dalam 3 menit

Ini 10 Pekerjaan yang Cocok untuk Orang Asing di Tiongkok

Waktu Publish : 06 Jun 2021, 14:09 WIB
SHARE ARTIKEL

Pekerjaan di China - Image from Liuptan6.com

Bolong.id - Karena Tiongkok dengan cepat menjadi negara maju terkemuka dan bisa dibilang ekonomi terbesar di dunia, semakin banyak pekerjaan yang tersedia bagi orang asing untuk dilakukan, pengalaman kerja yang menarik, gaji yang menarik, dan kondisi kehidupan yang baik.

Dilansir dari China Highligts pada (18/03/2021). Di bawah ini adalah 10 karir teratas untuk orang asing dan ekspatriat di Tiongkok.

1. Mengajar

Jika Anda bertemu dengan orang asing acak yang berjalan-jalan di kota mana pun di Tiongkok, ada kemungkinan besar dia adalah seorang guru.Mengajar mungkin telah menjadi pilihan karir paling populer bagi banyak orang asing sejauh ini dan terus membawa ribuan ekspatriat ke Tiongkok setiap tahun.

Meskipun telah menjadi agak kontroversial dalam beberapa tahun terakhir (karena peningkatan guru ilegal/tidak memenuhi syarat), industri tetap menjadi pemenang yang tak terbantahkan untuk pilihan karir ekspatriat.

Pendidikan di Tiongkok dianggap sebagai salah satu nilai budaya yang paling penting, dan sangat terlihat dalam pendidikan intensif yang dilakukan anak-anak sejak usia muda. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika guru asing sangat diminati, dan dibutuhkan di lembaga-lembaga mulai dari taman kanak-kanak hingga universitas, dan pusat pelatihan khusus.

Gaji untuk pekerjaan mengajar rata-rata bervariasi, sebagian besar tergantung pada jenis sekolah dan arga tiap kota (tingkat pertama akan membayar secara signifikan lebih banyak), tetapi secara umum bisa lebih menguntungkan daripada mengajar pekerjaan di rumah, dan termasuk manfaat besar, untuk pekerjaan yang lebih sedikit.

2. Perdagangan

Jika bukan karena perdagangan, Tiongkok mungkin tidak akan mencapai ekspansi global besar-besaran seperti yang kita lihat hari ini. Apa gunanya Tiongkok bisa memproduksi hampir semua produk yang bisa dibayangkan dengan biaya produksi yang begitu rendah, jika produk ini tidak diproduksi di luar negeri?

Perdagangan telah menjadi kunci untuk menghubungkan Tiongkok dengan seluruh dunia sepanjang sejarahnya yang panjang, kembali ke zaman kuno, ketika Jalur Sutra digunakan sebagai jalur perdagangan. Sekarang Jalur sutra beru menjanjikan peluang perdagangan baru.

Saat ini, pedagang dari seluruh dunia, telah menemukan cara untuk menjadi sangat menguntungkan hanya dengan membeli produk Tiongkok, untuk dimuat ke dalam kontainer untuk dikirim kembali ke rumah, di mana dijual dengan margin tinggi.

Tempat-tempat seperti raksasa manufaktur Guangzhou, atau "kota pabrik" Yiwu, dipenuhi dengan orang asing yang ambisius yang menaiki tangga kekayaan melalui perdagangan dan perdagangan.

3. TI/Teknologi

Sektor TI mungkin merupakan industri dengan pertumbuhan tercepat di dunia, dan ini bahkan lebih jelas di Tiongkok, di mana teknologi menjadi komponen standar kehidupan sehari-hari.

Di Tiongkok, mulai dari membayar, berbelanja, memesan makanan, dan membeli tiket pesawat dan kereta api, dapat dan dilakukan melalui smartphone, dan negara secara keseluruhan sangat melek teknologi.

Dengan pemikiran tersebut, industri TI yang sangat menuntut dan kompetitif selalu mencari bakat baru yang segar, terutama dari luar negeri, karena pekerja tersebut dapat membantu mengintegrasikan perkembangan teknologi Tiongkok dengan seluruh dunia dan membantu memfasilitasi kehadiran global.

4. Tulisan/Media

Setiap orang asing yang tinggal atau bepergian melalui Tiongkok, segera menjadi sumber informasi yang berharga, karena mereka memiliki keuntungan untuk mengalami gaya hidup dan budaya baru melalui mata orang luar, dan melaporkannya kembali ke seluruh dunia. Inilah sebabnya mengapa industri penulisan, pengeditan, dan pembuatan konten, selalu membutuhkan suara-suara baru dengan hal-hal unik untuk dibagikan.

Terutama karena Tiongkok menjadi lebih modern dari sebelumnya, kebutuhan akan konten bahasa Inggris di berita, media, dan pemasaran berbasis konten umum, sangat diminati. Jenis karir ini dapat berkisar dari bidang-bidang seperti perjalanan, gaya hidup ekspatriat, peristiwa atau berita terbaru, dan pelaporan khusus industri.

5. Pemasaran

Tidak ada industri di dunia yang dapat bertahan tanpa upaya pemasaran yang tepat, dan ini adalah kabar baik bagi pencari kerja asing di Tiongkok. Dengan banyaknya perusahaan rintisan baru dan perusahaan mapan yang ada di Tiongkok, selalu ada permintaan yang tinggi untuk talenta asing yang berpengalaman di bidang yang terkait dengan pemasaran, seperti strategi merek, desain, dan periklanan.

Karena Tiongkok agak baru dalam bidang ini dibandingkan dengan Barat, para ahli asing sangat dibutuhkan, dan dibutuhkan untuk membantu baik dalam menembus pasar lokal, maupun pemasaran di luar negeri.

6. Rekayasa

Meskipun Tiongkok tidak kekurangan bakat lokal, dan faktanya memiliki tingkat siswa yang jauh lebih tinggi untuk masuk ke bidang teknik dan bidang studi teknis lainnya, masih ada pemahaman bahwa untuk bidang khusus seperti itu, pengalaman adalah kuncinya, dan oleh karena itu pakar asing sangat dihargai untuk itu. mampu mengambil pekerjaan seperti itu.

Tiongkok selama bertahun-tahun telah berkecimpung dalam bisnis pembelajaran dari apa yang mungkin dilakukan oleh dunia lain yang lebih baik atau lebih berpengalaman, dan sementara negara itu masih dalam proses pembelajaran ini, industri berat seperti energi atau mobil, bergantung pada bimbingan dan pelatihan tenaga ahli asing.

7. Pekerjaan Manajerial

Karena begitu banyak perusahaan dan perusahaan asing yang ingin memperluas operasi di Tiongkok, ada permintaan besar bagi manajer asing untuk membantu menengahi transisi antara kantor pusat asing, dan cabang lokal Tiongkok.

Inilah sebabnya, selama bertahun-tahun, manajer asing dari setiap industri yang dapat dibayangkan, telah pindah ke Tiongkok, untuk membantu menjalankan operasi global dengan lancar, menghubungkan yang terbaik dari kedua dunia, dan membuat bisnis lebih menguntungkan.

Manajer seperti itu dibayar sangat mahal, dan sering kali diberikan keuntungan yang tidak terlihat di industri lain, seperti rumah besar, mobil, dan bahkan pengemudi pribadi. Tentu saja, untuk mendapatkan posisi manajerial luar negeri yang begitu menarik, diperlukan pengalaman yang sangat tinggi, dan persaingan bisa sangat ketat. Karena itu, jalur karier ini memiliki banyak peluang di Tiongkok.

8. Hotel dan Pariwisata

Pariwisata domestik Tiongkok telah berkembang pada tingkat yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir, dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Negara ini terus menarik wisatawan dari seluruh belahan dunia, untuk menyaksikan perkembangan kota besar yang menakjubkan, mengalami budayanya yang unik, atau memandangi pemandangan alam atau situs bersejarah yang menakjubkan.

Industri yang berkembang ini sangat menyadari bahwa layanan adalah kunci dalam memastikan wisatawan yang datang senang, dan oleh karena itu secara aktif mencari karyawan asing di hotel, agen perjalanan, perusahaan pemandu wisata, atau layanan terkait lainnya, untuk membantu mengakomodasi masuknya wisatawan asing.

Banyak jaringan hotel besar juga sedang mencari manajer hotel asing untuk membantu memastikan pendirian tersebut diadakan dengan standar global. Lihat lebih banyak di Hotel di Tiongkok.

9. Restoran/Bar (Industri Makanan dan Minuman)

Sejak pergantian abad, Tiongkok telah melihat restoran, kafe, dan bar asing bermunculan di setiap sudut, di kota-kota besar tingkat pertama, dan bahkan di kota-kota kecil yang terpencil.

Penduduk lokal yang menginginkan cita rasa budaya asing yang otentik pasti akan memilih untuk mencoba tempat usaha milik asing, dan penduduk asing lainnya di daerah tersebut juga pasti akan sering berkunjung untuk mendapatkan sedikit rasa rumah.

Banyak pemilik restoran dan bar yang tahu bagaimana memasarkan diri mereka sendiri dengan sukses, dan mengintegrasikan budaya rumah mereka dan budaya Tiongkok lokal, bisa menjadi sangat sukses, dan bahkan melanjutkan bisnis waralaba mereka di seluruh negeri.

10. Seni/Musik/Pertunjukan

Tiongkok selalu memiliki rasa hormat dan kekaguman terhadap bentuk seni barat dan asing, mulai dari musik, tari, seni, dan segala sesuatu di antaranya.

Di banyak kota yang lebih modern, seperti Shanghai, Beijing, dan Shenzhen, seniman asing telah menemukan peluang unik untuk menjadi menguntungkan di bidang bakat mereka, sambil membantu mengekspos bentuk seni asing ini ke mata baru.

Hukum Bekerja di Tiongkok

Selain sepuluh pilihan populer ini, ada banyak sekali jalur karir dan pilihan pekerjaan bagi orang asing dan pengusaha, dan hanya langit yang menjadi batas dalam hal potensi untuk mendapatkan penghidupan yang terhormat. Meskipun bekerja di Tiongkok merupakan pilihan yang menarik, selalu ada kesulitan dengan keputusan seperti itu, terutama dalam hal legalitas.

Sebelum mempertimbangkan jalur karier apa pun di Tiongkok, pastikan Anda memahami undang-undang di Tiongkok, persyaratan kerja, dan visa kerja terkait yang diperlukan untuk pekerjaan legal, untuk memastikan pengalaman yang aman dan sukses!(*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

lifestyle

Jackie Chan Ultah ke-67, Begini Biografi Singkatnya

  • Lupita
  • 07 Apr 2021

lifestyle

3 Shio Ini Akan Mendapat Keberuntungan Setelah Cap Go Meh

  • Lupita
  • 27 Feb 2021

Culture

Bruce Lee, Aktor Asia yang Latih Bintang Hollywood

  • Lupita
  • 06 Jan 2021

lifestyle

Ernest Prakasa, Komedia Keturunan Tionghoa yang Beprestasi

  • Lupita
  • 05 Dec 2020

health

Pelajar - Mahasiswa Belajar Rawat Pasien Covid-19 di Shangha...

  • Isna Fauziah
  • 07 Sep 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong