Baca dalam 3 menit

Siheyuan, Arsitektur Unik di Beijing

Waktu Publish : 06 Jun 2021, 15:41 WIB
SHARE ARTIKEL

Sihetou atau Sanhetou - Image from Yucheng Tourism

Bolong.id - Siheyuan (rumah tradisional Tiongkok) bukanlah bangunan tempat tinggal yang unik di Beijing, dapat dilihat tidak hanya di semua bagian utara, tetapi juga di Sichuan. Namun, di Sichuan, Siheyuan tidak disebut Siheyuan, melainkan Sihetou atau Sanhetou, di Sichuan Timur disebut Tianjingyuan.

Dilansir dari chinawenhua.com.cn, sihetou berukuran lebih kecil daripada di utara dan lebih besar dari di selatan Sungai Yangtze. Beberapa perumahan besar memiliki bangunan seperti teras taman dan teater keluarga.

Arsitektur teras semacam ini adalah fitur utama rumah tinggal Sichuan. Ruangannya ringan dan berventilasi. Ini adalah ruang bersama untuk menikmati kesejukan dan untuk beristirahat. Salah satu yang terkenal adalah kota kuno Yaoba yang terletak di persimpangan selatan Sichuan dan utara Guizhou.

Kota kuno Yaoba dikenal sebagai Koridor Sichuan-Guizhou di zaman kuno. Kota kuno ini dibangun di lereng bukit, dan jalanannya tenang dan damai. Meskipun ratusan tahun terkena angin dan hujan, halaman di kota kuno ini masih antik, dengan skala besar dan terpelihara dengan baik. Para arsitek menyebutnya fosil hidup tempat tinggal kuno di selatan Sichuan.

Selain itu, Kuil Wuhou yang terkenal juga merupakan jenis bangunan yang sama, meskipun telah rusak dan berubah berkali-kali selama ribuan tahun terakhir, halaman rumahnya masih memiliki pesona dan dikenal sebagai Tanah Suci Tiga Kerajaan.

Di zaman modern, terutama pada masa Republik Tiongkok, banyak rumah-rumah mewah yang dibangun di Sichuan umumnya didasarkan pada rumah halaman tradisional. Rumah tersebut mengambil beberapa karakteristik arsitektur Barat, dan menjadi kombinasi antara karakteristik Tiongkok dan Barat. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Banner Kanan
Logo follow bolong