Baca dalam 3 menit

5 Tradisi Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara

Waktu Publish : 18 Jul 2021, 14:11 WIB
SHARE ARTIKEL

idul adha di china - Image from detik

Bolong.id - Merayakan Idul Adha yang tahun ini jatuh pada Selasa (20/7) disambut suka cita umat muslim di seluruh dunia. Tak hanya Indonesia, umat muslim di banyak negara di dunia juga turut merayakan dengan tradisi yang unik dan berbeda.

Salah satunya di Pakistan Idul Adha ditandai dengan libur empat hari. Sedangkan umat Muslim di Tiongkok merayakan Idul Adha dengan takbiran sambil membakar hio. Ini merupakan tradisi Islam di Tiongkok. Jamaah membawa hio yang terbakar ke dalam masjid. Selain sederet negara tersebut, seperti apa tradisi umat Muslim dunia lainnya dalam menyambut Idul Adha?

1. Pakistan

Berada di Pakistan, Anda akan melihat tradisi Idul Adha yang ditandai dengan libur selama empat hari. Selama perayaan Idul Adha, toko dan perkantoran ditutup. Kegiatan lebih banyak dilakukan di masjid dari pagi hari. Sama dengan Indonesia, setelah melakukan salat Idul Adha, umat Muslim melakukan penyembelihan kurban dan didistribusikan ke fakir miskin.

2. Ningxia, Tiongkok

Di Ningxia Tiongkok, hanya jamaah pria yang melakukan salat Idul Adha ke masjid. Masyarakat Hui berbondong-bodong ke masjid. Sedangkan jamaah wanita dilarang salat Idul Adha di masjid. Sedangkan takbirannya mereka akan membakar hio. Ini menjadi tradisi Islam di Tiongkok. Jamaah membawa hio yang sudah dibakar ke dalam masjid, kemudian ditancap ke mangkuk tempat hio, dan akan ada ceramah sebelum salat Idul Adha.

3. Arab Saudi

Perayaan Idul Adha di Arab Saudi menjadi perayaan Lebaran yang paling sibuk. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi disibukkan dengan pemotongan hewan kurban. Kemudian daging kurban didistribusikan ke negara-negara Islam yang miskin, terutama di Afrika, Asia Tengah, dan Asia Selatan.

4. New York

Umat Muslim di New York cukup bahagia, sebab pemerintah kota New York meliburkan sekolah-sekolah dalam perayaan Idul Adha selama 1-3 ahri. Umat Muslim akan berbondong-bondong ke masjid, lapangan, atau ballropm hotel untuk melakukan salat Idul Adha. Kemudian, sesama Muslim akan akan saling bersilaturahmi tanpa ada penyembelihan hewan kurban.

5. Mesir


Seperti di Amerika, perayaam Idul Adha di Mesir ditandai dengan libur selama tiga hari. Umat Muslim akan bermaaf-maafan setelah melakukan salat Idul Adha. Kemudian, dilakukan pembagian daging kurban yang dilakukan oleh LSM setempat. (*)


Informasi Seputar Tiongkok



Terkait

culture

Begini Orang-orang di China Merayakan Hari Raya Idul Adha

  • Lupita
  • 19 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3