Baca dalam 3 menit

Pameran Mobile World Congress 2021 Barcelona Didominasi Produk 5G

Waktu Publish : 03 Jul 2021, 12:26 WIB
SHARE ARTIKEL

Seorang anggota staf (kiri) memperkenalkan smartphone 5G di stan perusahaan teknologi China ZTE di Mobile World Congress 2021 (MWC21) di Barcelona, ​​Spanyol, 29 Juni 2021. Salah satu teknologi bintang yang dipamerkan di MWC21 Barcelona minggu ini adalah 5G, standar teknologi generasi kelima untuk jaringan seluler broadband. - Image from Xinhuanet

Barcelona, Bolong.id - Pameran Mobile World Congress 2021 (MWC21) Barcelona, 29 Juni - 1 Juli 2021 didominasi produk 5G, teknologi generasi kelima jaringan seluler broadband.

Perusahaan Tiongkok Huawei, misalnya, memamerkan Solusi Bandara Cerdas. teknologi efisiensi operasional bandara. Perusahaan Spanyol, Telefonica memamerkan Vertical Green, pemantau tanaman dari jarak jauh.

Dilansir dari Xinhuanet pada Jumat (2/7/2021), dalam beberapa tahun terakhir, Barcelona telah berupaya keras untuk mengubah kota menjadi hub 5G melalui proyek-proyek seperti inisiatif publik-swasta 5G Barcelona, ​​​​yang memiliki tujuan untuk mengubah kota menjadi "laboratorium perkotaan untuk validasi dan adopsi teknologi 5G."

"Kongres ini adalah jendela toko besar di mana orang dapat melihat kemajuan yang dibuat," Eduard Martin, direktur 5G Mobile World Capital Barcelona, ​​mengatakan kepada Xinhua. "Di 5G Barcelona, ​​​​sejauh ini kami telah meluncurkan 19 proyek uji coba yang menggunakan teknologi 5G dalam dua setengah tahun terakhir."

Salah satu proyek uji coba yang diluncurkan pada hari Rabu adalah Robot Disinfektan Otonom 5G. Sebuah proyek bersama dari inisiatif Mobile World Capital Barcelona, ​​​​5G Barcelona, ​​​​konglomerat energi Spanyol Acciona dan perusahaan telekomunikasi multinasional Orange, robot ini dirancang untuk menghilangkan kuman dengan sinar ultraviolet di pasar makanan grosir kota, Mercabarna.

"Setiap proyek uji coba 5G di Barcelona yang melibatkan Mobile World Capital berusaha untuk mendapatkan pengembalian, pengembalian ekonomi, pengembalian sosial, pengembalian praktis, pengembalian industri, dan ini adalah contoh yang jelas," kata Martin kepada Xinhua.

Proyek 5G lain yang dipamerkan di MWC adalah inisiatif dari pemerintah daerah Catalan untuk membantu pengemudi dalam situasi darurat. Sistem berbasis teknologi 5G memungkinkan operator mengendalikan mobil pintar dari jarak jauh dan memindahkannya ke tempat yang aman.

"5G adalah salah satu teknologi paling berpengaruh saat ini. Teknologi ini memungkinkan segalanya untuk terhubung, memiliki kapasitas besar untuk mentransfer data, dan latensi rendah, yang semuanya memungkinkan kami menjalankan misi penting," Daniel Marco, direktur pemerintah Catalan jenderal inovasi dan ekonomi digital.

MWC21 juga menunjukkan bahwa teknologi 5G memiliki aplikasi di luar kesehatan, keselamatan dan mobilitas, dan juga dapat diterapkan untuk memaksimalkan pengalaman komunikasi dan hiburan. Yang dipamerkan di kongres adalah perangkat yang dikembangkan oleh perusahaan Ruang Angkasa Newtonlab yang dapat mengubah gambar video menjadi hologram dan mengirimkannya lebih dari ribuan kilometer.

Setelah hiatus tahun lalu, MWC edisi tahun ini merupakan acara hybrid dengan banyak kegiatan yang diselenggarakan secara online. Kehadiran diperkirakan turun menjadi sepertiga dari lebih dari 100.000 orang yang biasanya hadir.

Namun Asosiasi GSM yang mewakili kepentingan operator jaringan seluler di seluruh dunia yang menyelenggarakan MWC berharap untuk kembali normal tahun depan dan telah menetapkan 28 Februari hingga 3 Maret sebagai tanggal untuk acara tahun depan. (*)

Terkait

news

Bye-bye Tiktokers Cilik, China Larang Livestreamer di bawah ...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

technology

Robot Multitasking Asal China, Bisa Buat Kopi Hingga Bersih-...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

culture

POTRET : Situs Makam Ming Xiaoling Peninggalan Dinasti Ming

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

news

Hindari Bingung Acar China, Kimchi Korea Berganti Nama Begin...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

news

Karya Sastra China versi Online Digemari Warga Dunia

  • Djono W. Oesman
  • 24 Jul 2021

news

Bank Indonesia Resmi Kerja Sama Dagang Pakai Rupiah dan Yuan

  • Lupita
  • 24 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong