Para Ilmuwan China Teliti Nebula Kepiting Ungkap Teori Baru

10 July 2021, 07:46 WIB

Para Ilmuwan China Teliti Nebula Kepiting Ungkap Teori Baru-Image-1

Nebula Kepiting - Image from scientificamerican

Bolong.id - Hampir 1.000 tahun setelah pengamat bintang Tiongkok kuno menemukan supernova, para ilmuwan Tiongkok telah membuat penemuan baru yang menantang teori fisika klasik. Pengamatan mereka terhadap Nebula Kepiting, sisa-sisa bintang yang meledak, menunjukkan bahwa Nebula itu mungkin berisi akselerator elektron yang sangat kuat.

Dilansir dari 人民网 pada Jumat (9/7/2021), Nebula Kepiting, 6.500 tahun cahaya dari Bumi, diciptakan dalam ledakan supernova terang pada tahun 1054 M dan dicatat oleh para astronom kekaisaran Dinasti Song Utara Tiongkok (960-1127). Ini adalah sisa supernova pertama yang diidentifikasi oleh astronomi modern yang memiliki catatan sejarah yang jelas.

Nebula Kepiting adalah salah satu dari sedikit sumber yang telah diukur di semua pita energi termasuk radio, inframerah, optik, ultraviolet, sinar-X, dan sinar gamma. Spektrumnya telah dipelajari secara ekstensif selama beberapa dekade oleh banyak pengamat. Sebagai sumber energi tinggi yang cerah dan stabil, Nebula Kepiting dianggap sebagai lilin standar oleh para ilmuwan.

Berdasarkan pengamatan Large High Altitude Air Shower Observatory (LHAASO), salah satu fasilitas infrastruktur sains dan teknologi nasional utama negara itu, para ilmuwan Tiongkok telah mengukur kecerahan lilin standar dalam astronomi energi tinggi.

Mereka mencapai pengukuran yang akurat dalam pita energi ultra-tinggi dari 0,3 hingga 1,1 PeV (1 PeV setara dengan satu kuadriliun elektronvolt) untuk pertama kalinya, sehingga mengkalibrasi kecerahan lilin standar pada rentang energi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Para ilmuwan juga telah mendeteksi foton dengan energi 1,1 PeV, yang menunjukkan adanya akselerator elektron yang sangat kuat sekitar sepersepuluh ukuran tata surya di wilayah inti Nebula Kepiting.

Akselerator dapat memberi energi elektron ke tingkat 20.000 kali lebih besar daripada akselerator elektron buatan manusia terbesar di Bumi yang pernah bisa dicapai, sehingga mendekati batas teoretis absolut yang ditimbulkan oleh elektrodinamika klasik dan magnetohidrodinamika ideal, kata Cao Zhen, kepala ilmuwan LHAASO.

"Pada 1054, astronom kekaisaran Dinasti Song Utara Tiongkok menyaksikan ledakan supernova. Sekitar 967 tahun kemudian, pengamatan baru dari sisa-sisa supernova oleh LHAASO telah membuat kami takjub lagi," kata Cao.

LHAASO, seluas 1,36 km persegi dan masih dalam pembangunan di ketinggian 4.410 meter di atas permukaan laut di Kabupaten Daocheng, Provinsi Sichuan, Tiongkok barat daya, diharapkan akan selesai pada akhir Juli dan selanjutnya dioperasikan secara penuh.

Para ilmuwan berharap untuk mendeteksi satu hingga dua foton dengan energi sekitar 1 PeV di Nebula Kepiting setiap tahun, sehingga teka-teki akselerator elektron kosmik PeV akan terurai di tahun-tahun mendatang, Cao menambahkan.

Studi yang dipimpin oleh Institut Fisika Energi Tinggi di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, diterbitkan dalam edisi terbaru Science. (*)