Baca dalam 3 menit

Sejarah dan Perkembangan Obat Herbal Tiongkok untuk Cegah dan Obati Penyakit

Waktu Publish : 12 Jul 2021, 14:04 WIB
SHARE ARTIKEL

Pengobatan tradisional - Image from kompas lifestyle

Bolong.id - Obat herbal Tiongkok terutama terdiri dari obat botani (akar, batang, daun, buah), obat hewan (organ dalam, kulit, tulang, organ, dll) dan obat mineral. Karena tumbuhan merupakan mayoritas obat-obatan Tiongkok, obat-obatan juga disebut sebagai obat-obatan herbal Tiongkok.

Dilansir dari Yushetang.com sekitar 5.000 jenis obat tradisional Tiongkok digunakan di berbagai bagian Tiongkok, dan ada banyak resep yang dibuat dengan menggabungkan berbagai bahan obat. Setelah ribuan tahun penelitian, sebuah ilmu independen-Materia Medica telah terbentuk. Semua fakultas kedokteran dan universitas di Tiongkok telah membuka kelas khusus untuk mempelajari pengobatan alami, dan konten yang dijelaskan umumnya dikenal sebagai pengobatan herbal Tiongkok.

Ada sekitar 12.000 jenis tanaman obat di Tiongkok, yang tidak tersedia di negara lain. Eksplorasi mendalam, penelitian dan ringkasan pengobatan herbal Tiongkok dan pengobatan Tiongkok oleh orang bijak kuno telah menjadikan pengobatan herbal Tiongkok yang paling dikenal dan diterapkan secara luas.

Asal Sejarah

Obat herbal Tiongkok adalah obat unik yang digunakan oleh pengobatan Tiongkok untuk mencegah dan mengobati penyakit, dan juga merupakan tanda penting yang membedakan pengobatan Tiongkok dari obat lain.

Penjelajahan masyarakat Tiongkok terhadap pengobatan herbal Tiongkok telah melewati ribuan tahun sejarah. Menurut legenda, Shennong mencicipi Baicao dan mempelopori pengobatan, dan Shennong dipuja sebagai 'Kaisar Kedokteran'.

Aplikasi medis

Aplikasi teori pengobatan Tiongkok cukup unik. Pengobatan Tiongkok memiliki empat qi dan lima rasa. Empat qi, juga dikenal sebagai empat sifat, mengacu pada sifat obat yang dingin, panas, hangat dan sejuk. Lima rasa mengacu pada kepedasan, asam, manis, pahit dan asin obat. Obat-obatan herbal Tiongkok memiliki qi dan rasa yang berbeda, dan efek penyembuhannya juga berbeda.

Obat-obatan herbal Tiongkok digunakan dalam berbagai bentuk, ada rebusan yang dibuat dengan ramuan obat-obatan dan ampas dan jus, bubuk yang digiling menjadi bubuk, pil, salep, anggur, tablet, butiran, suntikan, dll.

Ada banyak obat herbal Tiongkok yang terkenal, tumbuhan yang paling terkenal adalah ginseng, ganoderma, akar bunga bulu dan wolfberry. Obat hewan yang paling berharga adalah bezoar, empedu beruang, bisa ular dan tanduk. Obat mineral yang paling umum adalah cinnabar, oker, bedak, dan thenardit, dll. (*)

Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

health

Luka Diabetik pada Kaki, Bolehkan Diobati Herbal?

  • Djono W. Oesman
  • 19 Jul 2021

health

Ampuh, Khasiat Ginseng Bisa Sembuhkan Kekurangan Tubuh Ini

  • Lupita
  • 04 Apr 2021

Health

Lianhua Qingwen Terima Persetujuan Internasional Pertama unt...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 31 Dec 2020

Health

Yuk Mengenal Pengobatan Tibet yang Juga Terkenal di China

  • Aisyah Hidayatullah
  • 24 Dec 2020

Health

Mengenal Goji Berry dan Manfaatnya

  • Aisyah Hidayatullah
  • 20 Dec 2020

Health

Mengenal Liang Cha, Teh Herbal Khas China

  • Aisyah Hidayatullah
  • 13 Dec 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3